Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta, Destinasi Wisata dengan Biaya Taksi Terjangkau di Dunia

Kompas.com - 12/06/2014, 19:26 WIB
 
JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta dinyatakan sebagai kota destinasi yang paling terjangkau kedua di dunia untuk berlibur. Hal ini berdasarkan studi perbandingan biaya tahunan TripAdvisor dalam TripIndex Cities. Riset ini dilakukan perusahaan riset independen, Ipsos Mori.

Dalam riset tersebut terungkap bahwa menginap satu malam di hotel bintang empat dan hangout untuk berdua di Jakarta akan memakan biaya rata-rata Rp 1.782.555, hanya Rp 62.128 lebih mahal dari Hanoi (Vietnam) yang menjadi destinasi liburan paling terjangkau di dunia.

Jakarta tercatat sebagai kota dengan perubahan paling besar dibanding kota lain tahun lalu, yaitu naik 19 peringkat untuk menjadi salah satu kota yang paling terjangkau untuk keluar malam. Dengan tarif taksi untuk perjalanan pulang pergi tiga kilometer hanya Rp 32.570, Jakarta juga merupakan kota yang paling terjangkau untuk berkeliling.

"Daftar TripIndexCities membantu wisatawan menghitung sampai sejauh mana mereka merencanakan liburan dengan uang yang mereka punya. Hasil tahun ini menunjukkan kota tujuan di Eropa terus berada di daftar kota destinasi wisata paling mahal, sementara destinasi wisata Asia masih yang paling terjangkau," komentar juru bicara TripAdvisor, Jean Ow-Yeong, seperti terungkap dalam siaran pers yang diterima Kamis (12/6/2014).

Ia menambahkan wisatawan Indonesia yang mencari kota liburan terjangkau yang dekat dengan rumah dapat mempertimbangkan kota-kota Asia seperti Hanoi, Bangkok, dan Kuala Lumpur.

TripIndex Cities membandingkan biaya jalan-jalan satu malam di 48 kota wisata utama di seluruh dunia. Caranya dengan mempertimbangkan biaya khas untuk dua orang untuk menikmati koktail sebelum makan di hotel bintang lima, makan di luar, ongkos taksi, dan menginap semalam untuk berdua di sebuah hotel bintang empat selama periode Juni hingga Agustus.

Asia adalah destinasi wisata paling terjangkau dengan menempatkan 5 kota di peringkat 10 kota paling terjangkau, termasuk Hanoi, Jakarta, Bangkok, Mumbai dan Kuala Lumpur. Sebaliknya, Eropa, terus mendominasi daftar kota paling mahal dengan menempatkan 7 kota di peringkat 10 teratas.

Sebagai contoh dari hasil TripIndex tahun ini menunjukkan bahwa pelancong akan menemukan Stockholm (Swedia) adalah kota destinasi wisata yang paling mahal untuk makan. Untuk rata-rata biaya makan malam untuk berdua dengan anggur di Stockholm adalah Rp 1.924.317,.

Dengan harga yang sama, pelancong bisa medapatkan makan malam untuk berdua dengan anggur ditambah koktail, ongkos taksi, bermalam di sebuah hotel bintang empat di Hanoi dan masih memiliki sisa kembalian. Makan malam di Hanoi rata-rata hanya Rp 384.353, lima kali lebih murah dari Stockholm.

Sementara itu, untuk perbandingan dengan Jakarta, menggunakan taksi untuk jarak pendek 3 kilometer pulang pergi di Oslo (Norwegia) akan menguras dompet pelancong sebesar Rp 633.526. Jakarta menjadi peringkat pertama untuk kategori ini.

Biaya ini hampir 20 kali lebih mahal daripada di Jakarta yaitu Rp 32.570 untuk biaya perjalanan yang sama. Dengan harga yang sama untuk naik taksi PP tiga kilometer di Oslo, Anda bisa melakukan perjalanan 13 kilometer di Tokyo (Jepang), 27 kilometer di Cape Town (Afrika Selatan), dan 122 kilometer di Jakarta.

Sepuluh kota yang bisa menjadi pilihan pelancong Indonesia untuk berhemat antara lain Hanoi (Vietnam), Jakarta, Sharm el Sheikh (Mesir), Bangkok (Thailand), Sofia (Bulgaria), Cape Town (Afrika Selatan), Mumbai (India), Kuala Lumpur (Malaysia), Praha (Republik Ceko), dan Budapest (Hungaria).

Hanoi berada di peringkat pertama untuk kategori makan untuk dua orang dengan wine. Sementara untuk minuman koktail termurah adalah Mumbai. Hotel bintang empat termurah adalah Bangkok. Sedangkan secara keseluruhan biaya, Hanoi di peringkat pertama. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com