Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Dinginnya Air Terjun di TN Bantimurung

Kompas.com - 14/06/2014, 18:26 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

TAMAN Nasional (TN) Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, bukan hanya sekadar tempat pemandian saja. Melainkan, banyak orang yang datang untuk melakukan terapi air untuk pijat. Sejuknya air terjun Bantimurung yang bersumber dari Gunung Bulusaraung dengan suhu dingin yang menembus kulit membuat banyak orang menyenangi tempat pemandian itu.

Bahkan, pengunjung dari berbagai dari daerah di Indonesia dan wisatawan mancanegara pun mendatangi pusat air terjun. Berdiri, maupun duduk di bawah air terjun yang cukup deras yang menimpa tubuh kita membawa sensasi luar biasa. Serasa, bagian tubuh yang tertimpa air terjun terpijat. Nah itulah, kenikmatan yang dirasakan para pengunjung yang melakukan pijat air terjun Bantimurung.

"Perjalanan dari Kota Makassar hampir dua jam dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer. Jadi mengendarai kendaraan, badan terasa pegal. Tapi pegal-pegal badan hilang setelah pijat air terjun pas di bawah pusat air. Badan terasa dipijat-pijat. Pokoknya nikmat deh," kata Jalaluddin, warga Kota Makassar.

Sehabis menikmati terapi air terjun, pengunjung bisa menikmati dinginnya air terjun di telaga. Di situ, pengunjung bisa berenang dan menyelam menggerakkan seluruh tubuh untuk merenggangkan seluruh urat serta persendian. Selain pijat air terjun dan berenang di telaga air dingin, pengunjung bisa bersantai di gazebo sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

KOMPAS.com/Hendra Cipto Pengunjung Taman Nasional (TN) Bantimurung melakukan terapi air terjun.
Tak sedikit pengunjung membawa ikan dan membakarnya di bebatuan tepi telaga terakhir yang disiapkan oleh pengelola. Pokoknya asyik, dijamin pengunjung TN Bantimurung puas. Hanya merogoh uang Rp 20.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 2.000 uang parkir kendaraan. Di dalam TN Bantimurung pun disiapkan flying fox yang disewakan seharga Rp 20.000 sekali meluncur. Ikut juga disiapkan beberapa permainan anak-anak seperti kereta putar dengan biaya sewa Rp 5.000.

Di sela-sela menikmati keindahan alam TN Bantimurung yang dipenuhi berbagai macam dan jenis kupu-kupu, pengunjung bebas mengabadikannya dalam bentuk foto dan video. Sepulang dari rekreasi menikmati air terjun Bantimurung, di luar area TN pengunjung bisa berbelanja suvenir. Mulai dari gantungan kunci hingga hiasan dinding dalam bentuk bingkai bisa dijadikan oleh-oleh kerajinan masyarakat Bantimurung. Harganya pun terjangkau, mulai dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

Jika datang ke Sulawesi Selatan, jangan lupa singgah dulu ke TN Bantimurung menikmati keindahan alamnya. Apalagi, mengajak liburan anak-anak usai ujian dan berekreasi menjelang bulan suci Ramadhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com