Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atraksi Perkusi dan Festival Topeng Meriahkan HUT Jakarta

Kompas.com - 20/06/2014, 15:57 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta telah mempersiapkan serangkaian acara dalam perayaan HUT ke-487 Kota Jakarta. Mereka menjamin, perayaan tahun ini akan lebih meriah ketimbang tahun lalu karena akan dimeriahkan atraksi perkusi dan festival topeng.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Wisata Disparbud DKI Ida Zubaidah, perayaan HUT DKI akan dimulai Sabtu (21/6/2014) malam. Acara akan dibuka dengan pergelaran Jakarta Night Festival (JNF) yang akan dimeriahkan acara perkusi. Acara ini akan digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin, tepatnya dari Monas hingga ke Bundaran HI, dari pukul 18.00-23.00.

"Kegiatan ini merupakan acara pendukung dalam event Jakarta Night Festival. Melalui pertunjukan itu, diharapkan ke depannya musik perkusi memperoleh apresiasi yang lebih baik. Dengan bantuan teknologi dan tata pertunjukan yang lebih baik, maka genre musik itu bisa berkembang pesat," ujar Ida, di Balaikota Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Perayaan HUT Jakarta akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Jakarnaval yang akan digelar Minggu (22/6/2014) sore, dari pukul 15.00-18.00. Pada tahun ini, acara karnaval budaya itu akan mengambil tema "Keajaiban Topeng Nusantara".

Menurut Ida, acara Jakarnaval 2014 akan menampilkan 1.200 peserta jalan kaki, lima topeng raksasa, penampilan grup dari Bali, Ponorogo, Solo, Indramayu dan Kalimantan Timur, serta 30 unit mobil hias bertema topeng nusantara.

"Ada banyak ragam dan bentuk topeng yang tersebar di nusantara. Tema itu pun bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai seni budaya topeng. Yang lebih penting, melahirkan kreativitas baru dalam melestarikan tradisi topeng yang pada akhirnya dapat dijadikan warisan budaya serta terdaftar di UNESCO," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com