Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Panas Semurup di Bumi Kerinci

Kompas.com - 30/06/2014, 14:32 WIB
BUMI Kerinci menyimpan kejutan alam. Di tengah udara dingin yang menyelimuti, ada sebuah titik panas yang terlahir akibat aktivitas vulkanik. Titik itu berupa kolam dengan air panas yang mengeluarkan aroma belerang. Warga setempat menyebutnya Air Panas Semurup. Letaknya di Desa Baru Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Di Kabupaten Kerinci air panas tidak sulit ditemui. Pasalnya di berbagai sudut wilayah Kerinci terdapat sumber air panas alami dari gunung api yang masih aktif, yaitu Gunung Kerinci.

Air Panas Semurup yang berupa kolam ini memiliki kedalaman 5 meter. Akan tampak air berwarna kebiruan yang sangat tenang, mengeluarkan asap seraya menunjukkan suhu tinggi sekira 80 derajat celcius. Menurut warga setempat, dahulu suhu air mencapai 100 derajat celsius. Berapa pun angka suhu, tempat tersebut tetap mengagumkan dan sangat menarik ketika membayangkan ada titik sepanas ini di dataran setinggi 800 mdpl.

Air balerang diketahui memiliki manfaat kesehatan, seperti mengobati penyakit kulit dan reumatik. Akan tetapi, di Air Panas Semurup, Anda tidak boleh menceburkan diri begitu saja. Kolam tersebut dijaga ketat dengan pagar berduri dan pintu yang digembok. Untuk memasukinya, butuh izin petugas setemppat.

Menurut penuturan warga, jangan pernah berniat mengakhiri hidup di Air Panas Semurup. Orang yang sudah memilik niat untuk bunuh diri di air panas akan mengalami kerasukan. Seolah-olah ada seruan gaib yang memaksa si korban untuk segera datang dan menceburkan diri

Sumber Air Panas Semurup sempat dimanfaatkan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai tempat pemandian prajurit militer. Oleh karena itu beberapa kamar mandi di kawasan ini merupakan bekas peninggalan Hindia Belanda dan hanya atapnya saja yang diperbarui.

Transportasi

Desa Baru Air Hangat terletak 11 kilometer dari Kota Sungai Penuh, yang ditempuh 8-10 jam dari Jambi. Anda bisa menggunakan mobil pribadi ataupun mobil travel untuk meraihnya. Kondisi jalan sudah baik namun mulai dari Kabupaten Bangko hingga Kota Sungai Penuh, Anda akan melewati jalan berkelok

ARSIP INDONESIA.TRAVEL Air Panas Semurup di Desa Baru Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.
Perjalanan ini tidak akan sia-sia karena Anda dimanjakan dengan alam yang subur. Terlebih jika sudah menapaki bumi Kerinci, Anda akan dibuat ingin kembali ke sini.

Tentu ada alasan mengapa kawasan di sekiling kolam air panas dibentengi pagar berduri. Itu karena sudah terkenal bahwa di tempat ini, di balik keindahannya, sumber air panas tersebut menyimpan cerita mistis. Sudah banyak nyawa melayang karena bunuh diri menjatuhkan badan ke kolam air panas tersebut. Hal itu anehnya sudah terjadi sejak ratusan tahun seakan menjadi tempat favorit untuk mengakhiri hidup. Hampir setiap tahun sumber air panas ini meminta korban meski pagar berduri sudah dipasang sejak lama.

Apabila terjadi peristiwa bunuh diri di kolam air panas ini maka tiga hari kemudian airnya akan berminyak dan berbau amis. Setidaknya butuhkan waktu paling cepat satu bulan untuk menghilangkan bau amis dan air danau yang berminyak itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com