Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menghindari Kuman di Pesawat

Kompas.com - 03/07/2014, 08:04 WIB
KOMPAS.com - Pesawat menjadi rumah bagi berbagai kuman. Banyaknya orang yang telah menempati pesawat juga kabin pesawat yang tertutup, memudahkan penyebaran kuman. Apalagi jika ada orang sakit di dalam pesawat.

Tak begitu terasa memang jika perjalanan udara hanya sejam atau dua jam. Tetapi menjadi masalah jika stamina tubuh tidak baik atau harus mengalami perjalanan udara yang lama hingga lebih dari enam jam.

Kuman di pesawat dapat bertahan hingga beberapa hari. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat berada di dalam pesawat agar dapat menjaga kesehatan diri sendiri.

Kuatkan stamina. Sebelum bepergian dengan waktu lama dengan pesawat, ada baiknya Anda banyak-banyak mengonsumsi sayuran dan makanan berserat. Tak ada salahnya minum vitamin tambahan. Jangan lupa, sebelum naik pesawat, banyaklah minum air mineral.

Hindari menyentuh kain kursi pesawat. Hitung saja ada berapa ratus penumpang setiap harinya yang menyentuh kursi-kursi pesawat saat mereka berjalan menuju kursi mereka sendiri maupun saat keluar. Sebaiknya segera basuh tangan Anda setelah menyentuh bagian kursi.

Bersihkan meja lipat. Bekali diri dengan tisu basah beralkohol. Gunakan tisu basah untuk membersihkan meja lipat sebelum Anda pakai. Anda tidak akan pernah tahu benda-benda apa saja yang pernah menyentuh meja lipat sebelumnya.

Bawa hand sanitizer. Bawalah selalu produk pembersih tangan tanpa air atau hand sanitizer. Agar tak repot, bawa dalam ukuran kecil. Basuh tangan dengan hand sanitizer setiap Anda selesai menyentuh bagian kursi pesawat maupun bagian lainnya, terutama sebelum Anda makan.

Bawa bantal dan selimut sendiri. Ingin tidur di pesawat? Baiknya bawa bantal sendiri. Saat ini sudah banyak tersedia bantal tiup sehingga lebih mudah untuk membawanya. Sementara jika Anda repot membawa selimut, untuk perempuan bisa membawa pashmina, sedangkan pria bisa gunakan jaket.

Hindari menggunakan kantung kursi. Jika Anda membawa beberapa camilan, baiknya diletakan di dalam tas kecil Anda saja daripada di kantung kursi. Biasanya penumpang memiliki kebiasaan menaruh sampah di kantung kursi ini.

Basuh setelah menekan tombol. Tak terlalu sering layar hiburan di kursi depan Anda maupun tombol lampu dan pertolongan di atas kepala Anda, dibersihkan. Oleh karena itu, baiknya basuh tangan Anda dengan hand sanitizer setelah menyentuh tombol-tombol ini.

Toilet pesawat. Kuman dan virus bersarang di tempat ini. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan apapun yang ada di toilet. Gunakan tisu untuk menyentuh dudukan toilet maupun kran wastafel.

Pakai kaus kaki. Kadang perjalanan lama membuat Anda sesekali ingin melepaskan diri dari sepatu. Ada baiknya Anda menggunakan kaus kaki agar kaki tak berkontak langsung dengan lantai pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com