Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Penganan Khas Minang untuk Berbuka

Kompas.com - 03/07/2014, 14:18 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

KOMPAS.com — Obati segera rasa rindu akan cita rasa lemang baluo, salah satu penganan khas Sumatera Barat yang mulai langka di Jakarta, pada bulan puasa ini. Jika Anda ingin berbuka puasa dengan jajanan khas Minang ini, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Sumatera Barat. Sebab, di daerah Kramat Raya, Jakarta Pusat, Anda dapat menemukan jajanan tersebut.

"Saya sudah mulai berjualan lemang di sini sejak sepuluh tahun yang lalu, kalau lagi bulan puasa seperti ini lagi banyak pembelinya," tutur Sutiya, salah satu penjual lemang di Kramat Raya, Rabu (2/7/2014).

Lemang baluo merupakan makanan khas Minang yang menjadi idola di daerah Kramat Raya. Makanan ini terbuat dari ketan dan gula aren, serta parutan kelapa yang sudah dimasak.

KOMPAS.com/Dhanang David Aritonang Sumiyati salah satu penjual Lemang Baluo di daerah Kramat Raya, Jakarta Pusat.
Campuran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam bambu. Lalu bambu dibakar untuk proses pematangan. Rasa gurih yang berasal dari ketan berpadu dengan manis dari gula aren begitu cocok di lidah dan memperkaya cita rasa.

Untuk dapat merasakan lemang ini, Anda perlu membayar Rp 25.000 untuk satu porsi lemang. Selain lemang baluo, di daerah Kramat Raya juga menjual penganan khas Sumatera Barat lainnya, seperti ketupat ketan, kue talam srikaya, kue lupis, dan bubur kampium.

Sutiya menuturkan, ia menjual lemang dari pukul tiga sore hingga pukul sepuluh malam. Ia mengaku omzet penjualan lemang tahun ini sedikit berkurang dibanding omzet-omzet pada tahun sebelumnya.

"Omzet terbanyak saya dapat itu di tahun 2012. Kalau sekarang sih meski masih ramai, tapi tidak seramai tahun sebelumnya," ujar Sumiyati.

Jadi, puaskan kerinduan Anda akan jajanan khas tanah Minang di daerah Kramat Raya. Cicipi lemang untuk penganan berbuka puasa. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com