Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, "Pintu Neraka” Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 07/07/2014, 09:45 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Sebuah kawah di Gurun Karakum menjadi sebuah obyek wisata baru di negara Turkmenistan. Kawah penuh api tersebut tampak seperti sebuah “pintu neraka” yang telah ditetapkan sebagai obyek wisata oleh pemerintah Turkmenistan.

Seperti yang dilansir dari Dailymail.co.uk, kawah tersebut terletak 270 kilometer sebelah utara dari ibu kota Ashgabat, dekat Desa Derweze. Terbentuknya kawah tersebut sebenarnya merupakan hasil pengeboran yang dilakukan oleh peneliti dari Uni Soviet di tahun 1971. Turkmenistan sendiri merupakan negara pecahan dari Uni Soviet.

Awalnya area tersebut penuh dengan gas alam. Di tahun 1971 rig pengebor ambruk dan membentuk kawah. Karena khawatir sejumlah besar gas metana keluar dari kawah dan membahayakan desa terdekat, para ilmuwan memutuskan untuk membakarnya dengan harapan proses pembakaran hanya terjadi dalam beberapa hari.

Cater News Agency Kawah Derweze yang dijuluki "Pintu Neraka" berada di Gurun Karakum, Turkmenistan, menjadi obyek wisata yang setiap tahunnya dikunjungi ribuan turis dari berbagai negara.
Namun sayangnya, setelah lewat dari empat dekade, api tersebut tidak kunjung padam hingga saat ini. Kini lokasi tersebut didatangi oleh ratusan turis tiap tahunnya. Pemerintah setempat pun kini berencana merubahnya sebagai destinasi untuk turis yang senang dengan petualangan.

“Kawah yang terbakar ini menjadi sebuah obyek wisata yang unik dan menarik minat wisatawan,” ujar salah satu pejabat negara Turkmenistan di departemen pariwisata kepada kantor berita AFP.

Menurut pejabat yang namanya tidak disebutkan tersebut, kawah yang berada di gurun tak berpenghuni itu diharapkan dapat segera menjadi destinasi yang menarik untuk berbagai jenis pariwisata mulai dari ekowisata sampai olahraga ekstrim. Setiap tahunnya, turis yang datang mencapai 12 ribu hingga 15 ribu orang dari 50 negara.

Pengunjung bisa berdiri tepat di tepi kawah. Namun harus berhati-hati, sebab tepian kawah tidak berpagar dan suhu bisa mencapai 50 derajat celcius. Selain itu, pasir di tepi kawah tersebut mudah ambruk. Oleh karena itu, pengunjung dihimbau untuk selalu hati-hati.

Tak ada marka jalanan untuk mencapai kawah Derweze yang berada di Gurun Karakum ini. Gurun Karakum ini sendiri merupakan salah satu cagar alam seluas 90 ribu hektar dan merupakan salah satu gurun yang menyimpan cadangan gas terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com