Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Banyak, Surga di Barat Indonesia

Kompas.com - 14/07/2014, 11:45 WIB
PULAU BANYAK memiliki keindahan alam yang masih alami. Pantai berpasir putih bersih, laut jernih, dan langit biru. ”Di sini belum banyak orang sehingga sangat cocok untuk melepas penat,” ujar Steve (40), wisatawan asal Australia yang ditemui di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (25/6/2014).

Pulau Banyak merupakan salah satu kecamatan di Aceh Singkil. Pulau ini dihuni sekitar 6.000 jiwa. Pulau ini terdiri atas 63 pulau besar dan kecil. Menurut legenda Tuan Tapa, konon pulau ini dahulu satu pulau besar yang hancur berkeping-keping karena pertarungan antara Tuan Tapa yang bertinggi sekitar 12 meter dan dua naga asal Tiongkok.

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH Feri merupakan salah satu moda transportasi utama dari Aceh Singkil ke Pulau Banyak.
Hampir semua pulau memiliki pantai berpasir putih yang bersih, seperti di Pulau Palambak. Hamparan pantai berpasir putih di Palambak terbentang lebih dari 5 kilometer. Di beberapa pulau pun terdapat lokasi pemandangan bawah laut berupa terumbu karang dan ikan laut berwarna-warni. Salah satu tempat menyelam dengan keindahan seperti itu ada di Pulau Tailani. Bahkan, keindahan bawah laut itu bisa dilihat dari permukaan laut tanpa harus menyelam.

Sejumlah pulau juga memiliki ombak laut yang menjadi idaman para peselancar. Seperti di Pulau Bangkaru dengan ombak laut rata-rata setinggi 5-6 meter setiap satu menit sekali. Di Bangkaru pula terdapat tempat konservasi penyu hijau. Pada bulan tertentu, banyak penyu hijau yang bertelur.

Hampir semua gugus pulau di Pulau Banyak memiliki lokasi untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Matahari yang bangun dan tertidur di sana berbentuk lingkaran penuh dengan warna kuning kemerah-merahan.

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH Peselancar menikmati ombak laut setinggi 5-6 meter di salah satu gugusan Pulau Banyak.
Namun, wisatawan belum banyak yang kenal dengan Pulau Banyak. Merujuk Aceh dalam Angka 2013, jumlah kunjungan tamu ke Aceh Singkil, termasuk Pulau Banyak, domestik 172.600 orang dan mancanegara 1.886 orang pada 2012.

Cara menuju Aceh Singkil adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa dengan waktu tempuh dari Banda Aceh ke Aceh Singkil berkisar 12-14 jam. Dari Aceh Singkil ke Pulau Banyak hanya tersedia akses feri pada Selasa, Jumat, dan Minggu. Adapun dari Pulau Banyak ke Aceh Singkil hanya ada feri pada Rabu, Sabtu, dan Minggu. Waktu tempuh dari Aceh Singkil ke Pulau Banyak berkisar 3-3,5 jam. (Adrian Fajriansyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com