Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nam Air Buka Rute Internasional ke Dili

Kompas.com - 15/07/2014, 17:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mampu mengurangi beban operasional yang membengkak berkat pendapatan dari rute internasional, Sriwijaya Air langsung berani ekspansi usaha bagi anak usaha, Nam Air. Maskapai ini tengah mempersiapkan diri merambah negara tetangga Timor Leste.

Maskapai yang baru beroperasi tahun lalu ini mencoba menyambungkan Kupang dengan Kota Dili, Timor Leste. "Kalau secara bilateral sudah disepakati tapi belum kami tanda tangani," kata Hasudungan Pandiangan, Direktur Operasional Nam Air kepada KONTAN pekan lalu.

Pasalnya, proses penekenan kerja sama ini harus dilakukan pejabat setingkat menteri karena melewati lintas negara. Ia berharap setelah pemilu ini, menteri perhubungan dari pemerintah baru dan pemerintah Timor Leste bisa meresmikan kesepakatan tersebut.

Sriwijaya sengaja membuka rute tersebut setelah melihat arus pergerakan penumpang dan barang antara Dili dan Kupang cukup tinggi. Sejauh ini, untuk menuju ke Dili, masyarakat harus melalui Atambua terlebih dahulu dan bisa memakan waktu berjam-jam dengan jalur darat. Nantinya, jarak tempuh dari Kupang ke Timor Leste bisa dipangkas menjadi sekitar satu jam saja.

Selain itu, maskapai ini juga berencana menambah rute domestik menjadi dua kali lipat dari tujuh rute yang dimiliki Nam Air saat ini. Agustus nanti, Nam Air akan membuka rute Kupang–Ende dan Denpasar–Labuan Bajo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com