Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Lebaran, Obyek Wisata di Semarang Tambah Tempat Parkir

Kompas.com - 18/07/2014, 09:40 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Libur panjang Lebaran 2014 akan segera tiba. Diperkirakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah akan meningkat. Salah satu destinasi andalan Kabupaten Semarang adalah kawasan wisata Bandungan. Menyambut libur Lebaran tersebut, Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Semarang akan menambah lokasi lahan parkir di sejumlah obyek wisata.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung. Sebab mengacu dari tahun sebelumnya, Disporabudpar mencatat jumlah pengunjung saat libur panjang lebaran meningkat hingga 100 persen. "Kami bekerja sama dengan warga di sekitar obyek wisata agar menyediakan lahan khusus untuk parkir. Karena kalau mengandalkan lahan parkir di obyek wisata sendiri tidak mencukupi," kata Kepala Disporabudpar Kabupaten Semarang, Partono, Kamis (17/7/2014).

Menurut Partono, obyek wisata yang menjadi favorit wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah di kawasan Bandungan dan sekitarnya. Sebut saja Candi Gedong Songo, Umbul Sidomukti dan Desa Wisata Keseneng (Air Terjun Tujuh Bidadari). Sejumlah obyek wisata itu, jelas Partono, merupakan wisata alam yang terkenal natural dan berhawa sejuk.

Partono mengungkapkan, saat ini pihaknya lebih fokus mengoptimalkan perbaikan serta kebersihan fasilitas yang tersedia di lokasi obyek wisata. Termasuk di antaranya, memperketat penjagaan di lokasi. Hal ini tentunya sebagai antisipasi dini agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan akibat meningkatnya volume pengunjung.

"Kami imbau kepada pengelola obyek wisata agar terus mengecek fasilitas yang ada. Termasuk menempatkan tenaga keamanan yang benar-benar menguasai bidangnya. Kami tak ingin ada kejadian yang berakibat fatal akibat buruknya fasilitas dan kurang jelinya penjaga," tambah Partono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com