Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cita Rasa Sajian Muslim Khas Tiongkok

Kompas.com - 18/07/2014, 17:00 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

KOMPAS.com - Penyebaran agama Islam di negeri Tiongkok telah melewati suatu masa yang cukup panjang. Penyebaran ajaran Muslim tersebut juga mempengaruhi cita rasa dari kuliner khas masyarakat Tiongkok. Masyarakat Tiongkok yang menganut agama Islam tersebut berusaha untuk menyajikan hidangan yang "Qing Zhen".

"Qing Zhen secara harafiah berarti bersih atau murni. Bisa juga disebut dengan istilah Halal," tutur pemilik Sulaiman Resto, Sulaiman Han, Kamis (17/7 /2014).

Sulaiman Resto yang berlokasi di Jalan Batu Ceper Nomor 73, Jakarta Pusat, menyajikan hidangan Muslim khas Tiongkok. Sulaiman mengatakan bahwa sebenarnya hidangan Muslim ini hampir sama dengan sajian dari Timur Tengah yang menggunakan daging kambing atau domba sebagai bahan utama masakan.

"Hidangan ini menjadi sebuah perpaduan antara budaya Timur Tengah dengan budaya Tiongkok," ujar Sulaiman.

Di restoran ini, pengunjung dapat merasakan hidangan seperti Iga Kambing Goreng Tepung, Tahu Mapo, dan Terung Asam Manis. Cita rasa Tiongkok tetap terjaga dengan hidangan gorengan berbalut tepung dan saus asam manis yang menjadi ciri khas masakan Tiongkok.

Gurihnya daging kambing dalam balutan tepung berpadu pas di lidah. Kemudian, untuk menambah sensasi pedas, pengunjung dapat memesan Tahu Mapo. Tahu Mapo merupakan hidangan berkuah pedas dengan bahan dasar tahu yang direbus hingga lembut dan dicampur irisan daun bawang.

Sebagai pelengkap hidangan, pengunjung juga dapat memesan Terung Asam Manis. Menu ini cukup unik, karena sebelum dicampur dengan bumbu asam manis, terung digoreng dalam balutan tepung terlebih dahulu. Terung tersebut menjadi renyah di luar dan empuk di dalam, cocok dengan bumbu asam manis yang disajikan.

Harga hidangan Muslim khas Tiongkok ini berkisar dari Rp 50.000 - Rp 150.000. Jadi, bila Anda belum memiliki referensi untuk berbuka puasa kali ini, Anda dapat mampir ke Sulaiman Resto untuk mencicipi cita rasa Tiongkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com