Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Tomohon Siap Menyambut Wisatawan

Kompas.com - 18/07/2014, 18:10 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai obyek wisata di Tomohon, Sulawesi Utara itu tahun ini lebih siap untuk didatangi wisatawan. Hal ini dinyatakan oleh Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman saat konferensi pers Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2014 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (17/7/2014)

"Infrastruktur untuk obyek wisata di Tomohon sudah mulai baik. Untuk Gunung Mahawu misalnya, sebentar lagi wisatawan bisa mengitari kawahnya," ujar Eman kepada Kompas Travel. Disebutkan pula, prediksi untuk wisatawan yang datang ke Tomohon tahun ini akan meningkat seiring akan digelarnya TIFF.

"Tomohon merupakan kota yang memang berpotensi menarik banyak wisatawan karena pada dasarnya ada banyak sekali obyek wisata di sana," ujar Dirjen Pemasaran Kemenparekraf Esti Reko Astuti. Menurut Esti, selain wisatawan mancanegara, Tomohon juga diminati menjadi destinasi wisata para wisatawan nusantara.

Untuk itu lah Pemkot Tomohon, menurut Eman, mulai memperhatikan beberapa hal yang dinilai dapat menjadi kendala saat wisatawan mengunjungi obyek wisata, seperti infrastruktur dan akses kendaraan menuju lokasi wisata.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Perkebunan bunga aster dengan latar belakang Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu. Budidaya bunga dan sayuran menjadi salah satu mata pencarian penduduk di Kota Tomohon yang dikelilingi gunung api aktif dan berhawa sejuk.
"Saat ini untuk akses kendaraan menuju obyek-obyek wisata di Tomohon bisa menggunakan mobil sedan," katanya. Untuk kendaraan umum, ada omprengan yang beroperasi di sana.

Sedangkan untuk penginapan, Tomohon memang masih memiliki keterbatasan. "Belum ada hotel berbintang, tapi sudah ada penginapan-penginapan dan cottage. Cottage di sana dapat disetarakan dengan hotel berbintang," sanggah Eman.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar mengatakan, semoga ke depan infrastruktur di Tomohon bisa berkembang. "Karena sebagai salah satu daerah tujuan MICE, kebutuhan untuk fasilitas penginapan memang dirasa perlu," kata Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com