Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Bantul Targetkan 200.000 Wisatawan ke Parangtritis

Kompas.com - 25/07/2014, 12:51 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur Lebaran 2014 Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, DIY, menargetkan 200.000 wisatawan berkunjung ke destinasi andalan Pantai Parangtritis. "Target retribusi Pantai Parangtritis mencapai 1 miliar rupiah dengan jumlah kunjungan wisatawan 200 ribu," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Bambang Legowo, Kamis (24/7/ 2014).

Menurut Bambang, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya saat libur Lebaran akses masuk menuju Pantai Parangtritis selalu macet. Mengantisipasi hal itu Dinas Pariwisata telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Polres Bantul untuk merekayasa arus lalu-lintas. "Kita sudah berkoordinasi soal arus lalu lintas menuju Pantai Parangtritis selama Lebaran," tegasnya.

Dengan lancarnya arus lalu lintas menuju Pantai Parangtritis, pihaknya optimistis target 200.000 wisatawan akan tercapai. Apalagi cuaca saat ini relatif cerah. "Kami optimistis target itu akan tercapai," katanya.

Bambang berharap selama liburan Lebaran, ubur-ubur beracun yang biasanya banyak muncul di setiap bulan Juli dan Agustus tidak muncul. Namun demikian pihaknya mengimbau agar wisatawan tidak mandi di laut dan mewaspadai ubur-ubur. "Kita mengimbau wisatawan tidak mandi untuk menghindari sengatan ubur-ubur," ucapnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto mengatakan guna mengantisipasi terjadinya laka laut saat libur Lebaran, pihaknya mendirikan 4 posko keamanan di sepanjang pantai. "Kita dirikan 4 posko di Pantai Parangtritis, Depok, Goa Cemara dan Pantai Kuwaru-Pantai Baru," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com