Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Bandung, Liburan ke Ciwidey

Kompas.com - 29/07/2014, 16:17 WIB
KOMPAS.com - Kawasan Bandung menjadi destinasi favorit saat libur Lebaran. Ada kecenderungan wisatawan memilih kawasan utara Bandung, padahal selatan Bandung tak kalah menariknya, terutama karena keindahan alam dan sejuknya hawa di daerah ini.

Ada banyak obyek wisata di Bandung Selatan, salah satunya bisa ke daerah Ciwidey. Di Ciwidey begitu lengkap, mulai dari obyek wisata gunung, kawah, sampai air terjun. Jika hanya punya waktu satu hari, bisa datang ke tiga tempat ini.

Situ Patenggang. Naiklah perahu wisata bermotor yang bertambat di sekeliling Danau Patenggang. Selama melakukan perjalanan keliling danau, mata dimanjakan oleh perkebunan teh Rancabali.

Perjalanan dengan perahu wisata tak sekedar keliling danau. Tetapi mampirlah di Pulau Asmara. Tak heran, banyak pasangan yang datang ke pulau kecil di tengah danau ini. Di pulau ini terdapat Batu Cinta.

Konon, orang yang datang bersama pasangannya ke Batu Cinta, maka hubungan mereka akan langgeng. Di seputaran danau terdapat banyak kedai-kedai penjual suvenir dan buah-buahan seperti stoberi. Tiket masuk Rp 6.000.

Kawah Putih Ciwidey. Perjalanan berikutnya adalah ke Kawah Putih Ciwidey. Dari gerbang masuk atau area parkir ke kawasan Kawah Putih tersedia angkutan wisata dengan tarif Rp 10.000. Sementara tiket masuk sekitar Rp 15.000.

Sesampai di kawasan Kawah Putih Gunung Patuha, panorama cantik tersuguh di depan mata. Warna putih kebiruan kadang kehijauan dari kawah, berpadu dengan tebing-tebing bebatuan dan pepohonan. Aroma belerang mendominasi kawah ini. Tambahan lagi hawanya yang begitu sejuk khas pegunungan.

Kawah Putih ditemukan oleh seorang ilmuwan Belanda bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn di tahun 1837. Dulunya, kawasan ini dianggap sebagai daerah angker. Selanjutnya karena kandungan belerang yang ada di danau tersebut, dibuatlah pabrik belerang di masa kolonial Belanda.

Pemandian Air Panas Cimanggu. Sesuai namanya, di kawasan ini terdapat sumber air panas. Lokasinya berada di Desa Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey. Di tengah dinginnya Ciwidey, tepat sekali berendam air panas. Segala penat pun terasa hilang. Tiket masuknya sekitar Rp 15.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com