Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2014, 15:03 WIB
AIR Terjun Tegenungan merupakan obyek wisata favorit di Desa Kemenuh, Gianyar, Sukawati, Bali. Menuju tempat ini hanya butuh waktu 30 menit dari pusat Kota Denpasar.

Cukup hanya membayar tarif parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat, Anda sudah bisa menjelajahi air terjun tersebut. Dari tempat parkir untuk menuju muara air terjun, wisatawan harus menapaki 171 anak tangga yang terbuat dari semen.

Tinggi air terjun tersebut mencapai 30 meter. Sehingga, dari atas air terjun, manusia tampak seperti semut.

Penduduk setempat, Wayan Lastra mengatakan bahwa sumber air tersebut berasal dari sungai bersejarah, yakni Sungai Petanu. "Sumber air dari Sungai Petanu dan setelah bermuara di sini dinamakan Sungai Tegenungan," ujarnya.

Ni Nyoman Murni,  seorang pedagang minuman saat ditemui di wilayah Air Terjun Tegenungan, Rabu (30/7/2014) mengatakan tidak setiap hari obyek wisata ini ramai pengunjung.

"Hanya saat hari-hari libur saja ramainya.  Kalau hari biasa, yang datang hanya wisatawan mancanegara saja. Entah apa itu penyebabnya," ungkapnya sembari sibuk meladeni pembeli minumannya. (I Wayan Eri Gunarta)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com