Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Rumah Selama Berlibur

Kompas.com - 01/08/2014, 09:00 WIB
ANDA berencana berlibur bersama keluarga? Kehati-hatian meninggalkan rumah kosong itu perlu. Berikut tips untuk mengamankan rumah Anda.

1. Minta tolong teman
Jika ada teman atau kerabat Anda yang tidak bepergian selama masa liburan, Anda bisa meminta tolong sejenak untuk menjaga rumah Anda. Teman atau kerabat dekat yang Anda kenal tentu dapt mengurangi kecemasan Anda selama berlibur. Selain mudah dipercaya, mudah pula dikontak. Selain itu siapa tahu teman atau kerabat Anda juga tahu seluk-beluk rumah Anda.

2. Jangan 'berbagi'
Jangan mengumumkan atau 'berbagi' kepergian Anda di sosial media seperti Facebook dan Twitter. Karena anonimitas di internet, kita tidak pernah tahu siapa saja yang bisa mengakses situs halaman kita. Ingat, walaupun follower Twitter kita adalah teman-teman yang kita kenal, selalu waspada akan peretas atau hacker yang bisa mengakses profil siapa saja dalam hitungan menit.

3. Minta bantuan satuan pengamanan (satpam)
Tidak ada salahnya menitipkan rumah pada satpam lingkungan. Anda tidak perlu membeberkan rencana liburan Anda sedetil mungkin, tetapi cukup beritakan berapa lama Anda akan pergi dan pada jam berapa Anda pulang. Jika perlu, mintalah nomor yang bisa dikontak untuk memastikan keamanan.

4. Tirai dibuka atau ditutup?
Sebaiknya tinggalkan tirai rumah seperti yang biasa Anda lakukan. Jika biasanya tirai Anda biarkan terbuka untuk membuat rumah terasa segar, maka tinggalkan terbuka selama Anda berlibur. Jangan menutup tirai jika Anda terbiasa membukanya karena mudah ditebak bahwa Anda tidak di rumah.

5. Light switch timer
Lampu menyala selama matahari terbit akan menimbulkan banyak pertanyaan dan bisa saja menginisiasi tindak kriminal. Selain itu, pikirkan tagihan listrik Anda.

Solusinya adalah dengan memasang light switch timer atau pengatur lampu otomatis. Dengan alat ini, lampu akan menyala dan mati di waktu yang sudah Anda tentukan.

6. Hentikan pengiriman barang
Selama Anda bepergian, minta tolonglah pada tetangga yang tidak bepergian untuk mengumpulkan barang dan surat yang dikirimkan ke alamat Anda.

Atau mintalah tolong pada pos pengiriman barang untuk menghentikan segala kegiatan pengiriman barang untuk sementara waktu. Jika selama Anda berlibur barang-barang tersebut terlihat berceceran di sekitar rumah, hal ini dapat memberikan ide bagi penindak kriminal.

7. Cabut segala colokan
Cabutlah colokan televisi, komputer, dan barang elektronik lainnya selama Anda berlibur. Selain menghemat energi dan uang, banyak barang elektronik yang masih mengonsumsi energi walaupun dalam keadaan mati.

8. Punya kunci cadangan?
Jika Anda menyimpan kunci cadangan, jangan simpan di lokasi yang biasa Anda letakkan. Misalnya di bawah keset, di bawah pot, dan lain-lain. Mungkin ada beberapa orang yang tak sengaja mengetahui letak kunci cadangan Anda karena mereka sering melihat Anda meletakannya di sana ketika hendak pergi.

Carilah lokasi baru yang bisa Anda ingat, atau buatlah pengingat sendiri. Selamat berlibur! (Monika Dhita Adiati. Sumber: www.independenttraveler.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com