Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidar yang Menyegarkan

Kompas.com - 02/08/2014, 16:36 WIB
MAGELANG, KOMPAS - Warga kota-kota besar seperti Jakarta sehari-hari menghirup udara berpolusi dan mengeluhkan suhu udara panas. Mata juga dijejali panorama belantara beton.

Ketika musim libur tiba, saatnya menyegarkan tubuh dan pikiran. Salah satu tempat yang menawarkan sarana penyegaran adalah Kota Magelang di Jawa Tengah, terutama dengan Gunung Tidar-nya.

Gunung Tidar sebenarnya lebih cocok disebut bukit karena ketinggiannya hanya 503 meter di atas permukaan laut. Uniknya, Tidar berada tepat di pusat Kota Magelang sehingga berfungsi sebagai kawasan hutan kota.

Ada dua jalan masuk untuk mendaki Gunung Tidar. Pertama, melalui kompleks Akademi Militer Magelang yang khusus untuk kepentingan militer. Sementara jalur kedua untuk masyarakat umum, yakni melalui jalur dekat perkampungan di Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan.

Pada pintu gerbang, puluhan kera akan menyambut kedatangan Anda. Tak perlu khawatir atau takut. Satu tips, abaikan saja mereka dan teruskan perjalanan. Memberikan makanan atau perhatian berlebih hanya akan mengundang rasa penasaran mamalia pintar itu.

Mendaki Tidar hanya perlu mengikuti jalur 400 anak tangga hingga puncak. Ini terapi sederhana menyegarkan raga. Pemandangan belantara pinus di sepanjang jalan akan menyegarkan mata. Sementara udara sejuk gunung akan ”mencuci” paru-paru yang sehari-hari dijejali polusi.

Setiba di puncak, kita dapat melihat pemandangan Kota Magelang dari atas. Di kawasan puncak terdapat tugu dengan tulisan ”Sa” yang ditulis dengan huruf Jawa. Sa ini bermakna sapa salah seleh, yang berarti siapa yang salah akan kalah. (REGINA RUKMORINI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com