Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabang Dikunjungi 20.000 Wisatawan

Kompas.com - 05/08/2014, 16:04 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sekurangnya 20.000 wisatawan nusantara dari berbagai daerah di Aceh dan provinsi lain di Tanah Air menghabiskan masa liburan panjang di Sabang selama Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Lebaran tahun ini puncaknya wisatawan nusantara berlibur ke Sabang sambil menikmati keindahan berbagai obyek wisata di Pulau Rubiah ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, Zulfi Purnawati saat dihubungi dari Banda Aceh, Selasa (5/8/2014).

Menurut Zulfi, jumlah wisatawan yang berlibur di Sabang berdasarkan data manifes kapal penyeberangan dari Pelabuhan Ulee Lhue (Banda Aceh)-Balohan (Sabang). Para wisatawan memadati sejumlah obyek wisata di pulau "Nol Kilometer" Indonesia bagian barat itu terhitung sejak H+1 Lebaran Idul Fitri.

"Kami merasakan kunjungan wisatawan berbagai daerah di Tanah Air di kota Sabang pada tahun ini terbanyak saat lebaran. Hotel-hotel dan penginapan lainnya penuh," katanya.

Zulfi menyebutkan, dari total kunjungan wisatawan nusantara ke Sabang itu, sekitar 70 persen diantaranya berasal dari Provinsi Sumatera Utara, dan sisanya seperti dari Jakarta, Bandung, Padang dan Riau.

DOK KOMPAS TV Host 100 Hari Keliling Indonesia Ramon Y Tungka di Tugu Nol Kilometer, Pulau Rondo, Provinsi Aceh.
Selain itu, wisatawan dari berbagai kabupaten dan kota di Aceh juga berkunjung ke Sabang untuk menikmati masa liburan panjang. "Sebagian besar wisatawan menikmati keindahan terumbu karang dengan menumpang kapal motor yang dilengkapi kaca, menyeberang dari Iboih ke Pulau Rubiah," katanya.

Zulfi menjelaskan, membeludaknya kunjungan wisatawan itu memberi dampak luas bagi pendapatan masyarakat Kota Sabang selama lebaran, di mana rata-rata pengunjung berada tiga hari di pulau wisata tersebut.

"Keindahan panorama alam, terutama wisata pantai dan laut menjadi modal untuk menarik kunjungan wisatawan ke Sabang. Pemerintah terus berupaya membangun berbagai fasilitas pendukung sehingga pariwisata menjadi andalan penghasil PAD Sabang," tambah Zulfi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com