Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Ajak Si Kecil Cicipi Permen dan Cokelat Jadul

Kompas.com - 09/08/2014, 12:47 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin sebagian dari anda pernah merasakan serunya memakan cokelat payung hingga belepotan di mulut atau mengunyah manisnya permen warna-warni berbentuk telur cicak.

Sebagian makanan tersebut merupakan jajanan yang sering dijumpai ketika anda duduk di bangku Sekolah Dasar. Bagaimana jika weekend ini anda mengajak si kecil untuk mencicipi permen dan cokelat tersebut sambil sedikit bernostalgia?

Sebuah toko di daerah Kemang, Jakarta Selatan, ternyata masih menjual beberapa jajanan jadul. Toko Cemal Cemil yang berlokasi di Jalan Kemang Selatan 1 nomor 20 ini seakan seperti sebuah ruangan yang menyimpan memori masa kecil anda. Tidak hanya menjual makanan, toko yang berdiri sejak tahun 2003 ini juga menjual beberapa mainan klasik yang sudah jarang anda jumpai di beberapa mal ataupun pusat perbelanjaan.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Beberapa jenis cokelat dan permen yang dijual di Toko Cemal-Cemil, Jalan Kemang Selatan 1 no 20, Jakarta Selatan.
"Harga barang di sini cukup beragam, dari Rp 4.000 hingga Rp 125.000," kata Mimi Jamilah, pegawai Toko Cemal Cemil, Jumat (8/8/2014).

Mimi menjelaskan, untuk makanan, toko tersebut mematok harga dari Rp 4.000 hingga Rp 20.000. Tidak hanya permen telur cicak dan cokelat payung, beberapa permen dan cokelat lainnya yang dapat si kecil rasakan di sini.

Untuk permen, ada beberapa pilihan jenis seperti permen susu, permen sarsaparila, permen karet warna warni dan permen berbentuk rokok. Sedangkan untuk cokelat, toko ini menjual cokelat berbentuk koin dan juga cokelat susu dengan logo ayam jago.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Permen telur cicak yang dijual di Toko Cemal Cemil, Jalan Kemang Selatan 1 no 20, Jakarta Selatan.
Setelah mencicipi jajanan jadul, tidak ada salahnya jika anda juga mengajak si kecil melakukan permainan masa lalu anda. Ada sebuah mainan unik yang dapat anda coba bersama si kecil. Mainan tersebut bernama perahu tok-tok yang berbunyi "tok-tok-tok" ketika dimainkan. Perahu yang terbuat dari besi tersebut memerlukan bahan bakar minyak sayur agar bisa berjalan.

Tidak hanya perahu tok-tok, ada beberapa mainan yang berbahan dasar kayu dan bambu seperti gasing, yoyo, dan congklak. Untuk mainan seperti gasing, yoyo, dan perahu tok-tok dipatok seharga Rp 10.000 hingga Rp 12.500, sedangkan untuk congklak berkisar dari harga Rp 90.000 hingga Rp 125.000 tergantung ukuran. Selamat berakhir pekan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com