Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merencanakan "Traveling" Bersama Si Kecil

Kompas.com - 09/08/2014, 13:28 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Anak-anak, apalagi yang duduk di bangku Sekolah Dasar, sudah sepantasnya diajak berdiskusi mengenai rencana liburan dan perjalanan wisata. Libatkan si kecil dalam merancang perjalanan wisata keluarga. Pastikan Anda sudah merencanakan jauh-jauh hari. Berikut beberapa kiatnya.

Rencanakan Jauh Hari. Untuk destinasi dalam negeri, ada baiknya rencanakan semuanya selambatnya tiga bulan sebelumnya. Sebaiknya enam bulan sebelum keberangkatan. Untuk destinasi luar negeri, terutama destinasi jarak jauh dan memerlukan visa, rencanakan setahun sebelumnya.

Memilih Destinasi. Ajak si kecil untuk ikut serta menentukan destinasi yang mereka ingin kunjungi. Buat beberapa pilihan, bisa dalam negeri maupun luar negeri. Barulah sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Terutama jika Anda memiliki beberapa anak dengan usia yang berjauhan, pastikan destinasi yang dipilih bisa mengakomodir segala usia.

Urusan Membawa Barang. Urusan packing sebelum perjalanan bisa menjadi hal yang memusingkan. Apalagi jika harus memikirkan barang yang dibawa si kecil. Pastikan Anda tidak membawa terlalu banyak barang. Anda dan pasangan cukup 1 koper saja untuk pakaian hingga sepatu.

Begitu pula koper si kecil, pastikan hanya satu koper saja. Apalagi anak Anda sudah usia Sekolah Dasar, ajak dia untuk mengemas kopernya sendiri. Jika memang nantinya saat di perjalanan, pakaian si kecil kurang karena basah kehujanan misalnya, Anda bisa membelinya di destinasi tersebut. Hitung-hitung bisa sebagai oleh-oleh.

Benda yang Dibawa. Selain pakaian, celana, kaus kaki, sepatu, hingga pakaian dalam, ada beberapa barang yang perlu dibawa. Jika nanti si kecil berenang, bawalah pakaian renang dan perlengkapan lainnya seperti kacamata renang dan pelampung tiup.

KOMPAS.com/Fitri Prawitasari Pengunjung bisa berkeliling wahana Kampoeng Maen Fair dengan menggunakan kuda. Kampoeng Maen Fair (KMF) yang diselenggarakan 27 Juni sampai 1 Juli 2013 di Taman Krida Loka, Stadion Renang Senayan, Jakarta.
Taruh perlengkapan berenang ini dalam satu tas kain tahan air dan masukkan dalam koper. Sehingga saat dibutuhkan akan mudah diambil. Boleh saja bekali si kecil mainan, pastikan ia memilih sendiri mainan yang ingin dibawa. Tentu saja ukuran tak terlalu besar dan tidak mengeluarkan bunyi yang terlalu bising.

Jangan lupa bekali anak Anda tas kecil untuk dibawa-bawa selama perjalanan. Isilah dengan camilan sehat seperti pisang dan air mineral, serta perlengkapan P3K seperti obat penurun panas, pelembab anti nyamuk, tabir surya, sampai plester luka.

Buat Rencana Perjalanan. Rancanglah tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi dalam sehari. Jangan terlalu ambisius. Cukup kunjungi satu hingga tiga tempat berdekatan dalam satu hari. Pastikan juga Anda tahu tempat-tempat makan di sekitar lokasi wisata tersebut. Sehingga tidak memakan waktu saat jam makan siang maupun makan malam.

Rancang rencana perjalanan yang fleksibel. Sehingga buatlah rencana cadangan jika rencana utama Anda tidak terlaksa, misalnya karena hujan. Serta kombinasikan antara jadwal padat dan jadwal santai. Misalnya di hari pertama penuh aktivitas berkeringat mencoba berbagai wahana ekstrem di sebuah taman wisata. Lalu di hari kedua, berjalan-jalan santai di kebun raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com