Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Kesra: Sail Raja Ampat Sesuai Jadwal

Kompas.com - 13/08/2014, 10:23 WIB
JAYAPURA, KOMPAS.com - Menko Kesra Agung Laksono menegaskan Sail Raja Ampat di Provinsi Papua Barat, siap dilaksanakan sesuai jadwal mulai 23 Agustus 2014 karena seluruh persiapannya sudah dirampungkan. "Seluruh persiapan sudah selesai sehingga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan sesuai jadwal," kata Agung Laksono di Jayapura, Senin (11/8/2014).

Menurut Menko Kesra, Sail Raja Ampat akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, diisi dengan parade kapal sejumlah negara sahabat yang dipusatkan di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Presiden Yudhoyono, kata Menko Kesra, selain menyaksikan parade kapal juga akan melakukan sejumlah kegiatan termasuk meresmikan sejumlah proyek pembangunan di kawasan itu.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, sejak dua tahun terakhir pemerintah sudah menyalurkan dana sekitar Rp 1,5 triliun termasuk untuk pembangunan lapangan terbang dan demaga serta rumah sakit.

Khusus untuk rumah sakit, karena daya tarik utama Raja Ampat adalah laut maka fasilitas kesehatan itu disiapkan mampu menangani berbagai kasus kecelakaan laut terutama selam.

Sementara itu Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Gatot Triswanto mengatakan, saat ini baru dua negara yang sudah menyatakan kepastiannya untuk mengikuti Sail Raja Ampat 2014 yakni Australia dan Amerika Serikat.

Sedangkan Tiongkok, India, Thailand, Singapura dan lainnya kendati sudah menyatakan keikutsertaan, lanjut Gatot, namun belum dapat dipastikan berapa banyak dan nama-nama kapal yang akan mengikuti "sailing" atau parade kapal nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com