Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Delapan Pantai Terindah di Sumbar

Kompas.com - 15/08/2014, 11:27 WIB
PROVINSI Sumatera Barat sudah tidak diragukan lagi akan kekayaan budayanya yang begitu kental, keindahan pegunungan dan lembah yang memukau. Banyak yang belum tahu kalau Sumatera Barat mempunyai banyak pantai yang belum terjamah dan belum banyak wisatawan tahu. Bahkan, masyarakat Sumatera Barat yang banyak saya jumpai ternyata juga belum pernah ke sebagian besar pantai-pantai indah ini. Apa saja pantai yang menarik dan indah untuk dikunjungi di Sumatera Barat. Berikut nama-nama pantai tersebut.

1. Pantai Pariaman

Terletak tidak jauh dari Kota Pariaman. Pantai ini memiliki pasir putih dan landai, serta ombak tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berenang dan bermain. Sepanjang pantai ditumbuhi pohon cemara sehingga terkesan sejuk dan asri.

Pantai ini dikenal dan selalu ramai terutama pada waktu perayaan rakyat tabuik dan libur nasional. Tetapi yang menjadi favorit saya mengunjungi pantai ini ketika matahari terbenam (sunset), di mana warna dan awannya begitu memukau siapa saja yang datang ke sini.

BARRY KUSUMA Pantai Painan di Sumatera Barat.
2. Pantai Painan

Salah satu pantai yang terletak di ujung Sumatera Barat, yaitu Pantai Carocok merupakan pantai yang terdapat di Painan. Untuk menikmati pantai ini pengunjung harus membeli tiket masuk. Di pantai ini pengunjung bisa bersantai dan berjalan ke tengah melalui jembatan dermaga. Pengunjung bisa puas bisa dapat banyak angle foto yang bagus disini.

3. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis yang merupakan tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal dan asing karena memiliki gelombang yang rendah dan pemandangan indah Gunung Padang. Ada juga sebuah pulau kecil bernama Pisang Kecil.

BARRY KUSUMA Pantai Air Manis di Sumatera Barat.
Dari pagi hingga sore, Anda bisa berjalan kaki ke pulau yang memiliki luas satu hektar ini melalui air dangkal. Di sore hari, air pasang mulai naik dan Anda harus menggunakan perahu untuk kembali. Di sebelah kanannya, ada pulau lain yang disebut Pisang Besar. Penduduk lokal di pulau ini sebagian besar petani dan nelayan.

4. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan yang terletak di Pulau Pasumpahan yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Oleh karenanya pulau ini dekat dengan Kota Padang, Anda hanya naik speedboat dari Teluk Bungus. Gara-gara keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan internasional.

BARRY KUSUMA Pulau Pasumpahan di Sumatera Barat
Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki obyek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga. Selain itu pulau ini menjadi tempat berteduh atau berkumpulnya para nelayan. Sepanjang pantai wisatawan bisa melihat aktivitas nelayan yang sedang menangkap ikan maupun menjaring ikan.

5. Pantai Pagang

Hamparan pasir di sepanjang pantai Pagang yang disertai deburan ombak menjadi daya utama pantai ini. Sebuah pulau mungil yang melayang di lepas pantai, menjadi bonus pemandangan yang bernilai. Bentangan pantai landainya yang dialasi miliaran butir pasir putih, suasananya yang hening memang daya tarik unggulan dari pulau ini.

BARRY KUSUMA Pantai Pagang di Sumatera Barat.
Di sini para wisatawan akan serasa terisolir jauh keriuhan kota meski sebenarnya hanya selangkah dari keramaian kota. Berkeliling di pulau ini bakal terasa menyenangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com