Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Parklane Jakarta, Pentingnya Menjaga Lingkungan

Kompas.com - 15/08/2014, 14:25 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Teriknya Ibu Kota dengan udara yang sarat dengan polusi membuat warganya rindu akan lingkungan yang hijau. Untuk itu lah eco-green mulai diterapkan di semua lini, termasuk di hotel. Maka tak heran kalau saat ini banyak hotel yang berkomitmen dan fokus pada upaya penyelamatan lingkungan.

The Park Lane Hotel Jakarta menjadi salah satunya. Hotel yang baru-baru ini memutuskan untuk bergabung dengan jaringan hotel global, Worldhotels berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan.

Pada dasarnya Eco Manajemen Hotel adalah hotel yang berkomitmen pada upaya-upaya perbaikan lingkungan. Hal ini dianggap penting agar dampak buruk pada lingkungan dapat diminimalisir.

“Segala aktivitas hotel, kami selaraskan agar tidak berdampak buruk pada lingkungan,” ujar General Manager The Park Lane Hotel Jakarta, Jon Richards saat konferensi pers, Kamis (14/8/2014).

Beberapa elemen yang dianggap mendukung program Eco Manejemen disebutkan. Di antaranya, mengoptimalkan penghematan konsumsi air dan energi, menyediakan pengelolaan sampah yang tepat untuk didaur ulang sehingga dapat meminimalisir limbah yang dihasilkan.

Dengan begitu beberapa manfaat dapat dirasakan tak hanya bagi pihak hotel tapi juga para tamu, misalnya saja penghematan biaya. “Dari segala penerapan Eco Manajemen yang penting adalah terciptanya kesadaran, baik dari staf hotel dan tamu yang datang. Mereka akan menghargai betapa pentingnya menjaga lingkungan,” katanya.

Berkat komitmennya ini, Jon menjelaskan bahwa The Park Lane Hotel Jakarta juga sudah mendapat sertifikasi Eco Manajemen Hotel dari TUV Rheinland Indonesia pada Maret 2010. “Kami sukses mendapatkan sertifikasi pertama dari mereka sebagai hotel yang menerapkan Eco Manajemen,” tuturnya.

Kini dengan sertifikasi tersebut, tercipta lah satu pasar. “Mereka yang peduli lingkungan pastinya akan memilih hotel dengan konsep Eco Manajemen,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com