Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Kuliner dari Tanah Sulawesi

Kompas.com - 16/08/2014, 11:51 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

GADING SERPONG, KOMPAS.com – Kapal Pinisi, Rumah Toraja dengan corak etnik ukiran khas Sulawesi lainnya menjadi pemandangan baru saat Anda datang ke pelataran parkir Summarecon Mall Serpong 2. Di sana tertata rapi deretan penjaja kuliner, pasalnya Festival Kuliner Serpong (FKS) kembali diadakan mulai dari 15 Agustus hingga 7 September 2014.

“Tahun ini kami mengundang Anda khususnya warga Serpong untuk berwisata kuliner kembali. Festival Kuliner Serpong yang kali ini kembali kami rangkum dalam suasana yang nyaman dan makanan-makanan yang menggoda,” ungkap Direktur PT Sumarecon Agung Tbk Soegianto Nagaria saat pembukaan FKS 2014, Jumat (15/8/2014).

Dalam penyelenggaraannya, festival ini adalah kegiatan rutin keempat setelah pertama kali digelar pada 2011 lalu. Tentu saja, tiap tahunnya akan diangkat tema yang berbeda, seperti “Beauty of Bali” (2011), “Minang nan Rancak” (2012), “Jawa Sing Ngangeni” (2013), dan kali ini “Sulawesi Nyamanna’…Pe Sadap”.

“Tiap tahunnya pasti ada peningkatan, tahun ini lebih meriah karena diikuti oleh 67 stan makanan dan 27 gerobak. Dari keseluruhan, 16 di antaranya khas Sulawesi. Ada beberapa stan, yang penjualnya kita boyong langsung dari Sulawesi. Sambutan pengunjung hari ini luar biasa, sudah ramai walaupun baru saja pembukaan,” tambah Soegianto.

Dari 16 makanan khas Sulawesi yang dapat dinikmati pengunjung, di antaranya Mie Cakalang, Sop Konro, Coto Makassar, Lumpia Sulawesi, Ikan Tude Bakar Rica, Bakso Nyuknyang hingga camilan khasnya, Otak-otak.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Alat transaksi Festival Kuliner Serpong 2014 berbentuk kartu

Perbedaan lainnya di tahun ini ialah alat transaksi yang digunakan. Kalau sebelumnya, uang-uangan bermotif dan menampilkan ciri khas bangunan dari setiap tema yang diangkat menjadi alat transaksi, kali ini digantikan dengan kartu. “Akan lebih memudahkan pengunjung, karena kita sudah menggunakan kartu yang dapat diisi nominal saldo. Jadi kalau mau mencicip makanan tinggal gesek,” tambah Soegianto.

Dengan adanya festival kuliner yang diselenggarakan rutin ini, pihak penyelenggara mengharapkan bahwa ke depan Summarecon Mall Serpong dapat menjadi salah satu icon makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com