Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Duduk, Keluhan Utama Penumpang Pesawat

Kompas.com - 19/08/2014, 15:05 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa yang paling dikeluhkan penumpang pesawat terbang saat berada dalam perjalanan udara? Ternyata, tempat duduk tidak nyaman dan ruang kaki terbatas merupakan hal yang paling dikeluhkan.

Berdasarkan survei perjalanan udara yang dilakukan situs perjalanan TripAdvisor kepada 1.200 responden dari Asia Tenggara, walau banyak keluhan yang dialami, namun wisatawan dari kawasan ini merupakan kelompok yang sering bepergian. Bahkan 96 persen dari responden merencanakan penerbangan ke luar negeri di tahun 2014.

“Ketertarikan terhadap perjalanan internasional terus meningkat walaupun ada beberapa hal yang membuat penumpang frustrasi dalam perjalanan udara, seperti tempat duduk yang tidak nyaman, ruang kaki yang terbatas dan perubahan penerbangan yang tidak bisa diprediksi,” ungkap Regional Director TripAdvisor Flights, APAC, Andrew Wong, seperti termuat dalam keterangan tertulis.

Selain tempat duduk, keluhan lain adalah penundaan penerbangan yang tak terduga atau pembatalan. Di posisi ketiga jawaban responden adalah biaya penerbangan yang mahal dan harga tiket. Selanjutnya adalah antrian pemeriksaan keamanan yang panjang. Serta, anak-anak yang ribut dan menangis.
 
Saat wisatawan ditanya mengenai fasilitas yang paling banyak perlu mengalami peningkatan dalam pengalaman penerbangan mereka, jawaban mereka menggambarkan kekecewaan-kekecewaan berikut ini: “ruang untuk kaki yang lebih besar” (28 persen), dan “kursi yang lebih nyaman” (24 persen) adalah jawaban paling atas.

Untuk perjalanan jarak jauh lebih dari empat jam, 80 persen dari wisatawan bersedia membayar biaya tambahan untuk ruang kaki yang lebih besar. Untuk penumpang yang terganggu dengan anak-anak yang ribut dan menangis, 48 persen responden bersedia membayar biaya tambahan untuk duduk di area bebas anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com