Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia, Penyumbang Terbesar Turis Asing ke Singapura

Kompas.com - 21/08/2014, 13:24 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekor selama bertahun-tahun tak terpecahkan jika menyangkut banyaknya orang Indonesia yang pelesiran ke Singapura. Data dari Singapore Tourism Board, di tahun 2013 kembali menunjukan wisatawan asal Indonesia menjadi penyumbang terbesar jumlah wisatawan asing ke Singapura.

"Turis dari Indonesia kembali jadi nomor satu, dengan total kunjungan 3.089.000. Angka ini naik 9 persen dibanding tahun 2012," ungkap Mohamed Firhan dari Singapore Tourism Board di Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Di posisi kedua sebagai wisatawan internasional terbanyak yang berkunjung ke Singapura adalah Tiongkok. Selanjutnya adalah Malaysia, Australia, dan India. Hanya saja, di data pengeluaran wisatawan saat melakukan perjalanan, untuk turis Indonesia tidak berada di posisi pertama.

Pada tahun-tahun sebelumnya, wisatawan Indonesia berada di posisi pertama sebagai penyumbang pengeluaran wisatawan. Namun di tahun 2013, posisi pertama adalah wisatawan asal Tiongkok.

Secara keseluruhan, total kunjungan wisatawan asing ke Singapura mencapai 15,6 juta dan pengeluaran wisatawan mencapai 23,5 miliar dollar Singapura. Tahun 2014, pihak otoritas pariwisata Singapura menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asing mencapai 16,3 juta sampai 16,8 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com