Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disparbud Kuningan Usulkan Pasar Wisata Tahun 2015

Kompas.com - 23/08/2014, 13:08 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com - Fokus terhadap para pelaku ekonomi kreatif, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kuningan, Jawa Barat usul diadakan Pasar Wisata pada 2015 mendatang. "Para pelaku ekonomi kreatif perlu disediakan tempat agar terpusat," ungkap Kepala Disparbud Kuningan, Teddy Suminar, Kamis (21/8/2014).

Teddy menyebutkan bahwa Pasar Kreatif yang dicanangkan mengangkat konsep layaknya plaza kreatif. "Di sana nanti terdapat para pelaku ekonomi kreatif, sentra oleh-oleh, dan juga pusat seni dan budaya di mana banyak seniman berkumpul," katanya.

Bahkan tak hanya itu saja, di Pasar Wisata akan ada workshop, di mana wisatawan dapat melihat langsung pembuatan makanan khas, cenderamata dan alat musik khas Kuningan. "Akan ada banyak pergelaran dan festival yang juga bisa diselenggarakan di sana," katanya.

Pasar wisata rencananya berlokasi di Open Space Gallery, Desa Linggasana. Kawasan tersebut saat ini masih berupa lapangan terbuka dan ada gazebo-nya. Biasanya, pergelaran seni dan budaya memang banyak diselenggarakan di sana.

Pengembangan ekonomi kreatif di Kuningan memang sedang fokus dilakukan sebagai solusi daya tarik wisatawan. Saat ini, sambil menunggu restu Pemerintah Pusat untuk menyetujui usulan berdirinya Pasar Wisata 2015 sudah berdiri desa-desa wisata di Kabupaten Kuningan. Diantaranya, di Cigugur dan Cibuntu.

Ke depannya, sentra-sentra kreatif seperti ini dapat mewujudkan Kuningan Mandiri 2018. "Kuningan Mandiri merupakan tujuan dari ekonomi kreatif di samping mendatangkan banyak wisatawan," tambah Teddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com