Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menyantap Sushi Murah nan Lezat?

Kompas.com - 23/08/2014, 17:30 WIB
Michael

Penulis

SUSHI, nasi gulung dari Jepang yang sangat terkenal menjadi favorit pencinta makanan Jepang di seluruh dunia bahkan di Indonesia. Tekstur nasinya yang lembut dan isinya yang lezat membuat sushi ada di pikiran orang ketika mendengar “makanan Jepang.”

Rasa sushi beragam tergantung dari isinya yang biasanya adalah makanan laut seperti ikan, kepiting, belut dan lain-lain. Biasanya daging yang digunakan itu mentah supaya lebih fresh tapi ada juga yang menggunakan daging yang sudah matang tergantung restoran yang menyediakan.

Harga sushi di restoran-restoran Jepang cukup menguras kantong apalagi di restoran yang khusus menjual sushi. Harga seporsi sushi bisa dibanderol sekitar Rp 50.000 ke atas. Tapi siapa bilang makan sushi yang enak harus mahal?

KOMPAS.COM/MICHAEL Dragon Sushi.
Di kawasan Gading Serpong tepatnya di Ruko Paramount Centre B/15 Jalan Raya Kelapa Dua, sebuah restoran sushi menyediakan sushi yang tidak mahal, cocok untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Nama restorannya adalah Sushi Naru.

Sushi Naru menyediakan berbagai jenis sushi dari yang standar sampai yang rumit, semua dengan harga yang terjangkau. Dengan dekorasi seperti di Jepang dan meja dan kursi kayu yang digunakan membuat pengunjung nyaman untuk makan di sini. Lucunya, di sini bahkan disediakan banyak komik di setiap meja supaya pengunjung bisa membaca komik sembari menunggu makanan.

Dua menu disodorkan kepada saya, yang satu untuk yang sushi murah seharga 15 ribuan dan menu yang lain berisi daftar sushi fusion, udon dan ramen. Saya memesan empat macam sushi dengan rasa yang berbeda yaitu Salmon Sushi, Dragon Sushi, Salmon Cheese dan Crispy Sushi. Untuk minumnya saya memesan ocha dingin karena bisa refill di sini.

KOMPAS.COM/MICHAEL Salmon Sushi.
Pengunjung juga disuguhkan makanan kecil untuk menunggu selama sushi dibuat, berupa ubi yang dipotong tipis dan digoreng renyah. Tidak lama kemudian, sushi yang saya pesan muncul satu per satu. Segera saya membuat ramuan kecap ditambah wasabi untuk memberi rasa asin dan pedas pada sushi.

Salmon sushi cukup standar digulung dengan rumput laut dan diisi dengan ikan salmon dan gorengan untuk sensasi renyah. Tidak lupa manis asinnya mayonaise juga ikut menghiasi sushi yang satu ini. Kemudian saya mencoba si sushi yang dibentuk seperti naga, memiliki tanduk dan buntut di ujungnya, sangat unik. Ada potongan tamago (telur) di dalam dragon sushi.

Setelah itu, giliran salmon cheese untuk dicoba. Saat dilihat, ada warna gosong di bagian nasinya, ternyata itu akibat pembakaran si keju sehingga meleleh di atas daging salmon. Rasanya asin dan sedikit kecut akibat keju bakar.

KOMPAS.COM/MICHAEL Crispy Sushi.
Yang terakhir adalah crispy sushi, warna merah dari gorengan menjadi daya tarik tersendiri, selain itu rasa gorengan ini agak pedas berbeda dengan gorengan biasanya.

Harga sushi-sushi di Sushi Naru tidak mahal, dipatok hanya sekitar Rp 15.000 sampai Rp 60.000, tidak seperti di restoran lain, bahkan yang di pinggir jalan pun bisa seharga restoran terkenal. Meskipun murah, namun sushi yang disediakan tidak murahan dan sangat enak. Sungguh menggoda selera untuk dicoba jika anda suatu saat berada di kawasan Gading Serpong, Tangerang, Banten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com