Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Restoran Ramen Ini Buka 24 Jam!

Kompas.com - 24/08/2014, 08:12 WIB
Michael

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya restoran tutup jam 10 atau paling lambat jam 11 malam, tapi tidak dengan restoran yang satu ini. Apa ini adalah restoran cepat saji? Oh, tentu bukan. Chin Ma Ya adalah restoran Jepang dengan spesialisasi pada hidangan ramen tidak pernah tutup alias buka 24 jam.

Chin Ma Ya pertama kali didirikan pada 2002 dan berlokasi di distrik Gotanda, Tokyo, Jepang. Kata “Chin Ma” dalam bahasa Indonesia berarti “Tahu Mabo”, dan awalnya restoran ini hanya menjual Chin Ma Han yaitu hidangan tahu Mabo dengan saus pedas dan disajikan dengan nasi. Namun, akhirnya berkembang menjadi restoran ramen.

KOMPAS.COM/MICHAEL Restoran Chin Ma Ya
Chin Ma Ya berada di Boulevard Gading Serpong Blok B-4 No 40 tepatnya di dalam area SPBU Pertamina, seberang Mitra 10. Bangunannya mencolok dengan dinding kaca dan neon logo yang berpendar terang menampilkan nama Chin-Ma-Ya. Restoran ini bisa dibilang agak kecil, namun karena pengaturan tempat duduknya, membuat restoran ini dapat menampung banyak orang.

Suasana Jepang pun sangat terasa saat memasuki Chin Ma Ya dengan tirai di pintu depan seperti kedai-kedai di negeri Sakura. Jendela-jendela sengaja ditutupi oleh jalinan bambu membuat kesan Jepang semakin kuat. Tanaman bambu buatan pun diletakkan sedemikian rupa untuk memperindah restoran ini.

Sambutan hangat “Irrashaimase!” oleh para staf pun terdengar di sini seperti di restoran Jepang lainnya. Setelah menelusuri semua menunya, saya perhatikan ramen di sini menggunakan Cha Siu. “Bisa diganti dengan topping yang lain, ada Ajitsuke Tamago, Wakame, jagung manis dan jamur kuping,” ujar salah satu staf.

KOMPAS.COM/MICHAEL Shio Ramen
Jadi tidak perlu khawatir dengan kehalalan ramen yang akan anda makan.

Jika anda doyan pedas, cobalah Tan Tan Men yang menjadi house specialty, bahkan dengan bangga mereka menyematkan simbol “Number 1 Tan Tan Men in Japan” di gambarnya. Atau jika anda ingin yang rasanya tidak heboh, anda dapat mencoba Shio Ramen yang berbahan dasar garam dan kaldu ayam atau Miso Ramen yang terbuat dari kedelai dan kaldu ayam.

Ramen di Chin Ma Ya agak berbeda dengan ramen di tempat lain karena tekstur kuahnya yang kental dan ramennya yang tidak panas. Anda dapat memesan porsi small atau regular dengan beda harga sekitar 10 sampai 15 ribuan. Di sini juga disediakan stoples bawang goreng bagi anda yang suka sensasi pahit gurih renyah sembari menikmati ramen yang kenyal.

KOMPAS.COM/MICHAEL Ruang dapur di Restoran Chin Ma Ya memungkinkan pengunjung untuk melihat proses memasak.
Tidak hanya ramen, Chin Ma Ya juga menjual berbagai menu lain yang anda nikmati seperti nasi kari, chicken karage don, dan bento. Harga makanan di sini yaitu sekitar Rp 18.000 sampai Rp 55.000, masih bersahabat dengan dompet anda.

Secara keseluruhan, restoran Chin Ma Ya sangat cozy untuk berlama-lama dengan suasana yang nyaman, makanan yang enak, staf yang ramah, ada akses wi-fi dan tidak lupa, restoran ini tidak pernah tutup. Jadi daripada malam-malam anda ke restoran junk food, lebih baik makan ramen di Chin Ma Ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com