Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Adventure Indonesia di Lembata Digelar 24-28 September

Kompas.com - 26/08/2014, 11:09 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggemar wisata petualangan, siapkan waktu untuk mengikuti Festival Adventure Indonesia yang berlangsung di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Acara ini akan dilaksanakan pada 24-28 September 2014.

"Lembata ada suatu keunikan yang sudah terkenal, penangkapan paus secara tradisional yang dilakukan tiap tahun. Dari acara ini coba diperkenalkan secara nasional dan internasional, tidak hanya lingkungan terbatas," ungkap Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, di Jakarta, Senin (25/8/2014).

Sementara itu, Bupati Lembata Yance menuturkan Lembata tidak hanya memiliki daya tarik berupa Baleo atau tradisi penangkapan ikan paus, tetapi obyek-obyek lain seperti Bukit Doa. "Ini acara kedua kalinya dan saya berharap bisa masuk kalender nasional," katanya.

Festival Adventure Indonesia sendiri merupakan bagian dari program tahunan Pemda Lembata yaitu Rally Wisata Bahari. Acara ini digelar Pemerintah Kabupaten Lembata bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Way2East.

DOK INDONESIA.TRAVEL Warga Lembata di NTT.
Sementara itu, menurut Adi Gerimu dari Way2East, Desa Lamalera yaitu tempat dilaksanakannya Baleo, sudah terkenal, namun informasi tentang Lembata sendiri masih kurang.

"Kegiatan ini targetnya untuk yang suka petualangan, nanti peserta diajak trekking gunung, menginap di rumah penduduk. Lihat Desa Lamalera dan Baleo, lihat alam dan lautnya. Temanya adalah pariwisata bahari," tutur Adi.

Destinasi unggulan yang telah disiapkan dalam festival tersebut antara lain Kota Lewoleba, Bukit Wolorpass, Desa Lemagute, Desa Amakaka/Kampung Lewolotok, Desa Lama Lewohala, Gunung Ile Lewotolok, Desa Jontona, Teluk Waienga, Desa Wisata Belo Baja, Pasar Barter Tradisional, dan Desa Nelayan Lamalera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com