Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Berakhir Pekan ke Taman Nasional Gunung Ciremai

Kompas.com - 30/08/2014, 08:41 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com – Sedang bingung untuk menghabiskan akhir pekan? Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Palutungan, Kuningan, Jawa Barat bisa menjadi alternatif. Suasanya masih asri dan cuaca yang sejuk akan menjadi tempat menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan.

Sebenarnya hanya sebagian kawasan TNGC yang masuk wilayah Kuningan, karena sebagian yang lain masuk kawasan Majalengka. Banyak pendaki gunung yang datang bila musim libur tiba, Ya Gunung Ciremai memang dikenal sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, mungkin ini pula yang menjadi satu daya tarik bagi para pendaki.

“Udara sejuk memang menjadi salah satu alasan wisatawan untuk datang ke Kuningan, untuk itu obyek wisata alam seperti TNGC ramai pada akhir pekan,” ujar Kepala Dinas Pariwisita dan Budaya Kuningan, Teddy Suminar.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Aktivitas forest-walking biasa dilakukan oleh pengunjung TNGC

Di akhir pekan, bukan hanya pendaki yang datang. Banyak orang yang datang untuk mencari udara segar dan melihat panorama yang indah. Mereka datang bersama keluarga ataupun teman. Kalau mau menginap pun, ada lokasi yang sengaja dibuat untuk berkemah di sini.

“Tak akan bosan untuk datang ke TNGC, ada banyak hal dan aktivitas yang dapat dilakukan di sana, selain menjadi jalur pendakian, pengunjung bisa hanya menikmati angin segar, mengunjungi Curug Putri hingga berkemah,” tambah Teddy.

Air Terjun Putri berada tak jauh dari pintu utama masuk ke dalam kawasan TNGC, Palutungan dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama lima menit. Kawasan air terjun yang satu ini tak terlalu besar, untuk masuknya juga tak dikenakan biaya lagi karena masih berada dalam kawasan TNGC.

“Di Kuningan tak ada obyek wisata yang mahal, untuk masuk TNGC pengunjung juga sebenarnya tak dikenakan biaya hanya penggantian uang pemeliharaan saja,” jelas Teddy

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Pengunjung Curug Putri, TNGC saat akhir pekan

Gemericik suara air terjun sering mengundang pengunjung untuk berenang. Dalam pengamatan Kompas Travel, kawasan ini sangat diminati remaja. Ada sensasi tersendiri saat menikmati sejuknya air terjun yang turun langsung dari ketinggian hampir 12 meter ini. Setelahnya jangan lupa mampir ke warung-warung kecil disekitar untuk menikmati segelas kopi panas ataupun mi rebus yang dijajakan oleh penduduk sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com