Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enaknya Menggunakan MRT di Singapura

Kompas.com - 31/08/2014, 12:09 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com- MRT atau Mass Rapid Transit adalah jaringan kereta yang melayani hampir seluruh bagian Singapura. Selain itu MRT merupakan alat transportasi utama di Singapura selain bus dan taksi.

Selain cepat -- kecepatannya mencapai 100 km/jam -- harga tiket relatif murah dibanding taksi. Kalau dibanding bus, harga tiket MRT lebih mahal, namun bus lebih lambat sampai ke tempat tujuan.

Kereta MRT biasanya datang setiap 7 menit sekali dan setiap 1 kilometer terdapat stasiun. Jadi bila penumpang ketinggalan kereta masih ada kereta lainnya yang akan lewat selama masih dalam jam operasional MRT. Rangkaian kereta MRT ada yang 3 gerbong dan 6 gerbong. Untuk tarif jauh dekat maksimal 2,8 dollar Singapura.

Jam Operasional MRT

Stasiun MRT pada umumnya buka jam 05.30 dan tutup pada pukul 23.30 atau tengah malam, tetapi tidak semua stasiun buka dan tutup pada jam yang sama. Ada yang buka lebih pagi, ada yang lebih siang, ada yang tutup jam 23.00 malam.

Menurut Hari Ruslee (55), pramuwisata yang selama 3 hari memandu Jumar Sudiyana, reporter Radio Sonora di Singapura, para penumpang baik lokal maupun para wisatawan tidak perlu khawatir kesasar bila naik MRT karena papan pengumuman dan panduan perjalanan lengkap terpasang di depan stasiun.

"Semua penumpang di MRT bahkan penumpang berkebutuhan khusus sekalipun, tidak perlu takut kesasar ke lokasi tujuan, karena petunjuk perjalanan dan peta rute MRT sudah tersedia semua di tiap stasiun," kata Ruslee, Sabtu (23/8/2014).

Cara Membeli Tiket MRT

Ada beberapa langkah untuk membeli tiket MRT, anda bisa membeli tiket langsung di mesin tiket, atau menggunakan kartu prabayar semacam Kartu BCA atau Mandiri e-money.

1. Standard Ticket
Yang paling mudah adalah dengan membeli tiket standar di mesin tiket, di mana tiket ini untuk sekali perjalanan yang bentuk kartunya seperti Kartu CommuterLine di Jakarta.

Anda harus masuk dan keluar di stasiun yang telah pilih dengan kartu tersebut, bila anda salah stasiun anda tidak bisa keluar dan akan kena denda bila anda memaksa keluar. Demikian pula saat anda akan memasuki pintu masuk stasiun kartu tidak terdeteksi maka, pada saat keluar kartu tidak bisa dipergunakan.

2. EZ-Link Card
Bila anda tinggal lama atau mau kembali lagi ke Singapura lain waktu, disarankan untuk membeli EZ-Link untuk kemudahan pembayaran. EZ-Link semacam kartu prabayar yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran MRT atau bus seperti di Jakarta semacam Kartu Flash BCA yang bisa dipergunakan di Bus Trans Jakarta dan Commuter Line Jabodetabek.

3. Singapore Tourist Pass (STP)
Kartu ini khusus berlaku untuk turis yang tinggal di Singapura selama jangka waktu pendek atau 1-3 hari untuk liburan, anda bisa beli tiket terusan Singapore Tourist Pass (STP). Tiket ini bisa anda pakai untuk naik MRT dan bus sesuka anda selama masa berlakunya.

Cara Masuk ke Pintu Stasiun MRT

Setelah anda mempunyai tiket, sebelum masuk ke stasiun letakkan atau tempelkan kartu di tempat yang ada gambar kartu. Bila tiket anda valid akan ada bunyi tut sekali. Tunggu sampai pintu gerbang terbuka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com