Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Vertical Fun Run", Lari Naik Tangga 27 Lantai di Santika Depok

Kompas.com - 31/08/2014, 18:39 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Merayakan ulang tahun pertamanya, Hotel Santika Depok gelar kegiatan Vertical Fun Run, Minggu (31/8/2014).

Berlokasi di gedung Hotel Santika Depok, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat membudayakan olahraga lari dengan medan yang berbeda yaitu menaiki tangga gedung 27 lantai dengan ketinggian 79,4 meter.

"Acara ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian peringatan hari jadi kami, ide awalnya didapat dari saran komunitas lari. Di Depok memang acara olahraga semacam ini jarang dibuat, dari saran itu kita ambil Vertical Run karena memang masih tergolong baru di Indonesia," ungkap General Manager Hotel Santika Depok, Ariestra Prasetio saat ditemui selesai acara.

KOMPAS.COM/SRI NOVIYANTI Pelepasan peserta Vertical Fun Run di Hotel Santika Depok, Minggu (31/8/2014), yakni berlari menaiki tangga gedung 27 lantai dengan ketinggian 79,4 meter.
Vertical Run masih termasuk cabang olahraga lari, hanya saja medan yang dipakai lebih menantang dan unik karena peserta diharuskan berlari pada tangga di gedung-gedung bertingkat.

Dari kegiatan tersebut didapat bahwa antusiasme masyarakat sekitar Depok cukup besar. Kegiatan yang dimulai pukul 6 pagi tadi diikuti 73 peserta.

"Untuk ukuran perkenalan, jumlah peserta segitu cukup baik, apalagi kalau dilihat dari rentang usia peserta. Anak-anak usia 5 tahun saja ada yang ikut, lagi pula sebagai olahraga perkenalan kami juga membatasi peserta," tandasnya.

KOMPAS.COM/SRI NOVIYANTI Para peserta mulai berlari menaiki tangga gedung 27 lantai dengan ketinggian 79,4 meter di Hotel Santika Depok, Minggu (31/8/2014) dalam acara Vertical Fun Run.
Masih menurut Ariestra, medan yang dipakai ini memang cocok untuk pemula, rata-rata dapat menyelesaikan dalam waktu 10-15 menit. "Peserta dianggap selesai setelah sampai di lantai 27 yaitu rooftop dengan view Kota depok," tandasnya.

Sebagai olahraga yang baru di Indonesia, syarat untuk dapat mengikuti Vertical Run hanya diikuti oleh peraturan-peraturan standar. "Medical check-up sederhana seperti yang tadi kami lakukan yaitu cek tensi darah yang dilakukan tim medis yang disediakan, harus dalam kondisi sehat, dan tidak memiliki penyakit bawaan yang berpotensi kambuh bila melakukan olahraga ini. Syarat lainnya adalah melakukanpemanasan sebelum Vertical Run dimulai," jelasnya.

Dari pemeriksaan tim medis kegiatan ini, semua peserta dinyatakan sehat sehingga seluruhnya dapat mengikuti acara ini hingga selesai.

Ke depannya, Ariestra mengatakan bahwa rencananya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin. "Yang pasti tiap tahun ada, bahkan kami dapat masukan dari komunitas, kalau ada momen tertentu seperti hari pahlawan sebaiknya mengadakan acara seperti ini saja. Ide itu sedang kami pikirkan ya bisa saja disetujui," tuturnya.

KOMPAS.COM/SRI NOVIYANTI Peserta mencapai finish usai mengikuti Vertical Fun Run di Hotel Santika Depok, Minggu (31/8/2014), yakni berlari menaiki tangga gedung 27 lantai dengan ketinggian 79,4 meter.
Dengan begitu harapannya, per tiga bulan Santika Depok bisa saja kembali menyelenggarakan kegiatan ini.

"Mudah-mudahan kami dapat memfasilitasi kegiatan  yang baik seperti ini lagi, dan semoga Depok ke depannya bisa dikenal karena kegiatan-kegiatan seperti ini. Kalau Ibu Kota punya Jakarta Marathon, Depok punya Vertical Run," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com