Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur NTB Promosikan Kawasan Wisata Teluk Mekaki

Kompas.com - 06/09/2014, 19:48 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi mempromosikan kawasan wisata Teluk Mekaki, Kabupaten Lombok Barat, ketika mengikuti kegiatan video telekonferensi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (5/9/2014).

Video telekonferensi tersebut digelar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta dalam rangka mendengar pemaparan dan harapan para gubernur mengenai perkembangan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sengaja memilih lokasi telekonferensi di pinggir pantai teluk Mekaki, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, karena kawasan wisata tersebut merupakan satu dari empat proyek yang di-"groundbreaking" oleh Presiden SBY dengan nilai investasi mencapai Rp 3 triliun.

Di kawasan Teluk Mekaki akan dibangun 14 hotel bintang empat dan lima, lapangan golf, ecotourism, diving, snorkeling, surfing, dan jasa wisata lainnya. Proyek itu dibangun pada lahan seluas 200 hektare oleh investor PT Teluk Mekaki Indah mulai 2015.

"Bapak Presiden SBY dan presiden terpilih Ir H Joko Widodo, saat ini kami ada di kawasan wisata Teluk Mekaki, Kabupaten Lombok Barat," kata Zainul Majdi menyapa Presiden SBY melalui tayangan video yang disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Gubernur NTB didampingi Bupati Lombok Barat Zaini Arony, pejabat dari Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, dan Kabupaten Badung, Bali.

Peletakan batu pertama di kawasan wisata Teluk Mekaki, sebelumnya dilakukan oleh Bupati Lombok Barat Zaini Arony, pada 2013. Namun, pembangunan fisik tahap awalnya akan dilakukan pada 2015 karena saat ini investor sedang menyelesaikan proses analisis dampak lingkungan.

Kawasan wisata yang dinamakan Mekaki Bay Resort itu akan dibangun oleh PT Teluk Mekaki Indah (TMI) bekerja sama dengan developer Twenty One Development. PT TMI menunggu selama 15 tahun untuk mewujudkan rencananya membangun kawasan pantai itu menjadi obyek wisata kelas dunia. Hal itu tidak lepas dari berbagai kendala yang dihadapi. Salah satunya penolakan masyarakat setempat.

Atas komitmen PT TMI membangun kawasan Teluk Mekaki, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat membantu dari sisi penyiapan infrastruktur pendukung berupa pelebaran jalan tujuh meter dari Kecamatan Lembar ke Teluk Mekaki. Selain itu, memasang sarana air bersih dan listrik. "Sekarang proyek pelebaran jalan sedang berlangsung. Begitu juga dengan pemasangan pipa air bersih oleh PDAM dan jaringan listrik," kata Zaini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com