Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Danau Toba Gelar Ulos Terpanjang

Kompas.com - 11/09/2014, 13:39 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Festival Danau Toba 2014 yang digelar mulai 17 hingga 21 September akan menampilkan tenunan kain ulos terpanjang atau hampir 500 meter. "Sebagai Gubernur Sumatera Utara, saya memang terus meminta Dinas Pariwisata Sumut dan pemerintah kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah untuk terus membuat acara kreatif di Festival Danau Toba (FDT). Tenunan ulos itu merupakan salah satu acara terbaru," kata Gubernur Sumut H. Gatot Pujo Nugroho di Medan, Rabu (10/9/2014).

Gubernur mengatakan itu usai me-"launching" FDT di Museum Negeri Medan. Sebelum di Medan, launching FDT itu sudah dilakukan di Jakarta, 4 September 2014, oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif.

Gatot menegaskan bahwa pergelaran FDT bertujuan sebagai sarana promosi obyek wisata budaya dan obyek wisata alam di kawasan Danau Toba, Sumut.

Dengan cara itu, diharapkan Sumut bisa meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYA Fitri (15) melakukan gladi resik untuk membawakan tari Tor Tor Cawan, Selasa (19/10/2010). Tarian ini akan dipentaskan pada pembukaan Pesta Danau Toba 2010 tanggal 20 November di Kota Parapat, Sumut.
Peningkatan kunjungan wisatawan, menurut Gatot, otomatis akan menaikkan pendapatan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, kunjungan wisman ke Sumut dalam lima tahun terakhir mengalami peningkatan. Pada tahun 2009, wisman ke Sumut sebanyak 163.159 orang, tahun 2013 jumlahnya meningkat menjadi 259.299 orang, lalu hingga Juli 2014 jumlahnya mencapai 149.365 orang. "Peningkatan kedatangan terjadi pada semua negara," katanya.

Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu menjelaskan pada FDT 2014 akan dipusatkan di empat lokasi, yaitu TB Center, Lapangan Sisingamangaraja, Sekolah Del, dan dermaga.

Pada FDT, Pemkab Toba Samosir sebagai tuan rumah penyelenggara, antara lain akan menggelar kegiatan pergelaran seni dan budaya yang terdiri atas lomba fotografi, jelajah destinasi Toba Samosir, trail adventure motor offroad, lomba suara dan solo, lomba burung berkicau, permainan tradisi, konvoi becak khas Toba Samosir, paralayang, dan lomba renang rakyat 10 km.

TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYA Turis asing turut menari dan mengenakan ulos dalam pementasan di Museum Hutabolon Simanindo di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (22/10/2010). Pemerintah Sumatera Utara berusaha meningkatkan kunjungan turis, salah satunya dengan menggelar Pesta Danau Toba 2010 yang berlangsung pada 20-24 November 2010.
Kepala Dinas Pariwisata Sumut, E Marbun mengatakan bahwa pencatatan rekor Ulos Sadum yang penuh dengan motif dan warna ceria itu akan dilakukan di TB Center, Balige, dan kemudian dibawa ke Lapangan Sisingamangaraja.

Di Lapangan Sisingamangaraja itu pula akan digelar "tor-tor kolosal" dengan nama "tor-tor cawan" massal yang dibawakan 300 orang siswa sekolah setempat yang akhirnya mengembangkan ulos itu.

Dia menegaskan, untuk promosi FDT di luar negeri akan ada wartawan dari tujuh media asing yang diundang ke FDT 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com