Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Meluncur di Es

Kompas.com - 13/09/2014, 09:53 WIB
Michael

Penulis

SIAPA bilang olahraga harus berkeringat? Olahraga yang satu ini malah dilakukan di suhu dingin jadi tidak membuat anda berkeringat sama sekali. Seluncur es atau ice skating adalah salah satu olahraga di perkotaan yang digemari oleh masyarakat. Cocok bagi anda yang ingin berolahraga sekaligus bersenang-senang dengan teman atau keluarga.

Ice skating dilakukan di arena yang dilapisi es dengan menggunakan sepatu khusus untuk seluncur. Sepatunya agak mirip dengan sepatu roda namun bedanya sepatu ice skating di bawahnya adalah bilah pisau bukan roda. Bilah pisau inilah yang membuat sehingga kita bisa meluncur di atas es yang licin.

KOMPAS.COM/MICHAEL Berseluncur di atas arena es SkyRink Mal Taman Anggrek, Jakarta.
Melakukan olahraga ice skating susah-susah gampang, pada awalnya mungkin akan terasa sangat susah untuk berdiri di atas es tanpa terpeleset namun setelah beberapa lama dan mempelajari cara berseluncur yang benar, olahraga ini menjadi sangat menyenangkan.

SkyRink Taman Anggrek menjadi tempat favorit warga Jakarta untuk ber-ice skating karena merupakan satu-satunya arena es di Jakarta. SkyRink berada di lantai 3 Mal Taman Anggrek berdekatan dengan Pizza Hut.

Untuk berseluncur di SkyRink anda perlu merogoh kocek Rp 60.000 di hari biasa (Senin – Jumat) yang berlaku all day sehingga anda bisa ber-ice skating sepuasnya tanpa ada batasan jam. Berbeda dengan weekend di mana harganya adalah Rp 70.000 untuk dua jam dengan tambahan biaya Rp 9.000 untuk tiap jam tambahan.

KOMPAS.COM/MICHAEL Tempat pengambilan dan pengembalian sepatu es di SkyRink, Mal Taman Anggrek, Jakarta.
Karena keharusan untuk menggunakan kaos kaki selama ice skating maka disediakan pula kaos kaki dan sarung tangan dengan harga Rp 10.000, tentu bagi anda yang sudah membawa kaos kaki dari rumah anda tidak perlu lagi membeli dari sini. Untuk biaya loker adalah Rp 12.000 per loker. Lokernya cukup sempit, jadi sebaiknya anda tidak membawa barang yang berlebihan ke sini.

Di konter peminjaman sepatu, kaki anda akan diukur dan kemudian diberikan sepatu yang sesuai dengan nomor anda agar nyaman dipakai dan tidak membuat bahaya. Jika sepatu kesempitan atau kelonggaran, anda dapat menukarnya dengan nomor yang sesuai.

Arena es SkyRink dibagi menjadi dua bagian yaitu 75 persen untuk publik dan 25 persen khusus bagi murid ice skating yang diajar oleh instruktur. Dibatasi oleh cone, sehingga anda yang tidak bersekolah di SkyRink tidak diperbolehkan masuk ke area tersebut karena banyak gerakan yang dilakukan oleh para murid yang tidak memungkinkan jika digabung dengan area publik.

KOMPAS.COM/MICHAEL Instruktur dari Rusia didatangkan untuk mengajar murid di sekolah ice skating SkyRink, Mal Taman Anggrek, Jakarta.
Selain itu dianjurkan untuk tidak memakai pakaian tipis saat ber-ice skating karena suhu di arena sangat dingin sampai anda bisa mengeluarkan asap dari napas anda. Jika anda kedinginan dan lapar, di SkyRink juga memiliki kantin yang menjual makanan hangat seperti mie instan.

Umumnya SkyRink buka pada pukul 9 pagi sampai 9.30 malam. Namun ada hari-hari tertentu tempat ini akan tutup lebih awal yaitu pada Senin, Selasa, Kamis dan Minggu pada pukul 7 malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com