Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permainan Margalah Meriahkan Pembukaan FDT 2014

Kompas.com - 17/09/2014, 15:30 WIB
MEDAN, KOMPAS.com  Pembukaan Festival Danau Toba (FDT) 2014 di TB Silalahi Center Toba Samosir, Rabu (17/9/2014), diisi dengan permainan margalah.

Putra kebanggaan Tobasa, TB Silalahi, yang menjadi pemandu dalam acara ini mengatakan, permainan margalah sudah ada sejak ia kecil.

"Ini olahraga entertainment. Artinya, untuk senang-senang saja. Di India ada permainan seperti ini. Sekarang jadi perlombaan nasional," kata purnawirawan jenderal ini.

Permainan margalah yang ditonton oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, dan Bupati Tobasa ini dimainkan oleh empat tim remaja pria yang gesit dan melakukan manuver-manuver ala olahraga modern.

"Anak-anak Soposurung memainkan margalah dengan menambahkan nilai-nilai olahraga modern," kata mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara ini. Penonton ikut bersorak saat penyerang yang telah berusaha menggocek pemain bertahan akhirnya tetap tertangkap juga.

Seusai permainan margalah, para siswa menyuguhkan tari-tarian dari berbagai suku dan etnik yang mendiami Sumatera Utara. Hari pertama Festival Danau Toba akan menampilkan tarian kolosal, tor-tor cawan massal yang menggunakan kain tenun, dan ulos sadum sepanjang lebih kurang 500 meter. (ton)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com