Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelni Optimalkan Kapal untuk Layanan Wisata

Kompas.com - 19/09/2014, 12:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), saat ini sedang merambah ke pelayanan wisata dengan mengoptimalkan kapal-kapal dengan tujuan ke daerah yang terdapat tempat wisata.

"Kami saat ini sedang melakukan terobosan baru dengan melayani permintaan penumpang untuk tempat wisata ke setiap provinsi di Indonesia," kata Manajer Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni (Persero) Pusat Jakarta, Rina Trianasari di Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Ia mengatakan pengoptimalan kapal-kapal dari Pelni itu yang bertujuan ke provinsi yang ada tempat-tempat wisata seperti Raja Ampat, Wakatobi, Labuan Bajo dan Bunaken serta tempat wisata lainnya.

Kapal tidak menggunakan kapal khusus untuk wisata tapi menggunakan kapal-kapal yang sudah ada yang sering digunakan oleh para penumpang dalam menggunakan jasa transportasi laut.

Sedangkan untuk target penumpang hanya mengandalkan penumpang yang sudah ada, hanya saja lebih ditekankan bahwa kapal yang mereka gunakan itu bisa menyinggahi tempat-tempat wisata di provinsi dengan tujuan para penumpang kapal.

ARSIP KOMPAS TV Ramon Y Tungka, pemandu acara 100 Hari Keliling Indonesia di Kompas TV tiba di Nabire, Papua menggunakan kapal Pelni.
"Mungkin selama ini penumpang tidak mengetahui adanya program itu sehingga kami mempublikasikannya. Contoh kapal penumpang tujuan ke Semarang maka kami akan singgahi tempat wisata yang ada di provinsi itu," ucapnya.

Dengan adanya terobosan itu, dimaksudkan agar pelayanan Pelni bisa jadi lebih meningkat dan masyarakat lebih dominan untuk menggunakan transportasi laut.

Selain mengangkut penumpang, tambah Rina, Pelni juga telah mengembangkan dua kapal menjadi kapal two in one di antaranya kapal KM Dobon Solo dan KM Ciremai. Selain itu Pelni juga menyiapkan satu kapal khusus pengangkut kontainer (peti kemas) untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com