Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shimla, Ratu Perbukitan

Kompas.com - 22/09/2014, 17:13 WIB
KOTA yang berada di perbukitan Himalaya ini menjadi ikon tujuan wisata di India. Tak hanya menawarkan keindahan alam, sederet wisata sejarah pun hadir untuk melengkapi keunikan kota yang disebut-sebut sebagai kota tercantik di India, Shimla si ratu perbukitan.

Kota dengan puluhan bukit

Shimla merupakan ibu kota propinsi Himachal Pradesh India. The Queen of Hill tersemat dalam kota yang memiliki hingga puluhan bukit. Kota yang berada dalam rangkulan pegunungan Himalaya ini bertenggger diperbukitan dengan ketinggian 2397 meter di atas permukaan tanah.

Seiring sinaran mentari perlahan menyinari bumi. Udara pagi yang sejuk menyapa paru paru. Kami meninggalkan terminal menuju jantung kota. Berjalan kaki, menapaki puluhan anak tangga. Melewati tikungan, meliuk meliuk menuju atas bukit. Padatnya rumah dan hotel membuat kami tersesat tak tentu arah. Bahkan, kami melewati halaman belakang rumah penduduk setempat.

Di tengah perjalanan, nampak sebuah Gereja St. Michael’s Cathedral berasitektur mirip dengan gereja  di Eropa. Suasana nampak sepi dan tertutup. Salah satu sisi gereja menawarkan  hamparan luas kota perbukitan ini.

Mendekati Jantung Kota Shimla. Mata ini disuguhi bangunan berarsitektur Neo Gothic dan Tudorbethan. Shimla berasal dari nama seorang dewi bersama Shyamala Devi. Pada pada zaman penjajahan Inggris ditahun 1864, Shimla menjadi Ibukota di musim panas.

Scandal Point

Sebuah persimpangan dengan arah kanan menuju kawasan the Mall. Sedangkan ke arah kiri menuju The Ridge. Keduanya The Mall dan The Ridge adalah jantung kota Shimla.

Chicmagz.com-Attini Zulfayah/Turi Scandal Point di Shimla, India.
Persimpangan ini sendiri dikenal sebagai skandal point. Nama ini diambil dari skandal cerita cinta di masa lalu, antara seorang perempuan bangsawan Inggris dengan Maharaja Patiala. Konon, di tempat inilah mereka saling bertemu dan memadu kasih.

The Ridge

Berderet pagar besi dan kursi dari kayu berbingkai besi. Kursi- kursi panjang menghadap barisan perbukitan berselimut pohon pinus menjulang tinggi. Dari kejauhan terlihat beberapa hotel mewah dan villa bertengger dengan anggunnya.

The Ridge, sebuah kawasan terbuka yang menjadi berada di tepi pebukitan. Dengan berderet bangunan peninggalan zaman kolonial Inggris. Sedangkan sisi lainnya menawarkan gugusan pegunungan Himalaya luas tak berujung. Pada musim dingin,  kawasan The Ridge bagaikan hamparan karpet putih bersalju.

Di sebelah kanannya terdapat Town Hall yang bersitektur neo Gothic. Bangunan  ini mengingatkan saya pada rumah- rumah di pedalaman negara Eropa. Lengkap dengan cerobong asap pemanas ruangan di atasnya.

Di samping tempat ini terdapat sebuah taman dipenuhi bunga. Tak jauh dari taman berdiri patung Dr. Y.S Parmar, pendiri propinsi Himachal. Di seberang patung ini terdapat Patung Indira Gandhi.  Sedangkan di ujung the Ridge, berdiri patung tokoh nasional India, Mahatma Gandhi.

Tempat ini adalah pusat keramaian. Pada pagi hari, nampak beberapa warga setempat menikmati jalan sehat. Sedangkan para pemuda asyik bermain cricket. Terlihat juga bapak tua berpeci putih menggendong tumpukan susu segar, mengantarkannya kepada para pelanggan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com