Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Goa Pindul Minta Sultan HB X Turun Tangan

Kompas.com - 23/09/2014, 14:02 WIB
GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Pengelola Obyek Wisata Goa Pindul meminta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X segera turun tangan menyelesaikan konflik perebutan pengelolaan dengan pihak Atiek Damayanti. Pengelola khawatir jika masalah tersebut dibiarkan berlarut-larut, masyarakat akan terkena dampaknya.

“Minggu-minggu ini kami akan beraudiensi dengan gubernur. Kami masih menunggu waktu supaya bisa bertemu dengan gubernur,” kata Haris Punarman, Ketua Pokdarwis Wira Wisata, Selasa (23/9/2014).

Menurut Haris, pascapenetapan status tersangka terhadap Ketua Pokdarwis Dewa Bejo, Bagyo oleh penyidik Polres Gunungkidul, warga masyarakat yang selama ini menggantungkan hidup dari Goa Pindul merasa resah. Warga khawatir nasib yang dialami oleh Bagyo juga terjadi pada warga yang selama ini ikut mengelola Goa Pindul.

Dengan meminta bantuan Gubernur DIY diharapkan nantinya permasalahan Goa Pindul bisa segera diselesaikan. Dengan dengan begitu, masyarakat bisa lebih tenang dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.

KOMPAS/ANASTASIA JOICE Rangkaian ban menuju pintu masuk Goa Pindul.
Selain meminta bantuan kepada gubernur, menurut Haris, pengelola juga mendesak Pemkab Gunungkidul untuk segera mengambil alih pengelolaan Pindul dengan menarik retribusi sesuai dengan Perda nomor 17 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah (Perda) Gunungkidul nomor 6 Tahun 2012 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

“Kami berharap Pemkab Gunungkidul segera merealisasikan Perda Retribusi Pariwisata. Kami siap untuk melaksanakannya,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com