Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Lombok Barat, Pengantin Wajib Tanam Pohon

Kompas.com - 25/09/2014, 13:40 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Berbagai hal unik dilakukan untuk dapat melestarikan lingkungan. Di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, setiap pasangan calon pengantin yang ingin menikah wajib untuk menanam dua buah pohon. "Satu hal yang tidak dimiliki oleh daerah lain adalah wedding trees atau pohon pengantin. Bibit pohon ini ditanam oleh mempelai yang akan menikah," kata Bupati Lombok Barat Zaini Aroni saat hadir di Festival Senggi.

Zaini mengatakan, bibit pohon ini nantinya akan ditanam oleh calon mempelai di halaman rumah, pinggir jalan maupun beberapa tempat yang telah disiapkan pemda sebagai kawasan hijau.

Menurut Zaini, program pelestarian lingkungan melalui pohon pengantin ini cukup berhasil. Terbukti dalam kurun lima tahun terakhir, Kabupaten Lombok Barat telah mampu menanam 29 juta pohon. Terkait hal ini, Pemkab Lombok Barat telah bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat termasuk TNI/Polri, paguyuban pemuda, pondok pesantren dan para tuan guru untuk ikut serta dalam melestarikan lingkungan.

Selain itu pemda juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk ikut serta melestarikan lingkungan. "Para siswa yang tamat sekolah juga diminta untuk menanam satu pohon," kata Zaini.

Menurut Zaini, Pemkab Lombok Barat memiliki perhatian khusus untuk melestarikan lingkungan. Begitu juga pada perayaan Festival Senggigi 2014 dengan mengangkat tema 'Harmoni Budaya dan Lestari Alam' yang dilaksanakan mulai tanggal 24-27 September 2014 di sepanjang kawasan wisata Senggigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com