Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2014, 17:13 WIB
BANYAK tempat unik yang hanya kita ketahui lewat dongeng atau film saja, padahal berbagai tempat tersebut benar ada di dunia lho. Berikut di antaranya.

Crocosaurus Cove di Australia
Bagi Anda yang senang memacu adrenalin, bisa mencoba tantangan berenang bersama buaya di kota Darwin, Australia Utara. Ya. kawasan yang disebut Crocosaurus Cove ini adalah sebuah kolam yang berisi buaya-buaya muara. Pengunjung akan masuk ke dalam kandang yang disebut kandang kematian. Lalu, dimasukkan ke dalam kolam berisi buaya. Setelah itu, buaya-buaya sebesar 5 meter akan menghampiri kandang kematian. Nah, saat itulah, para petugas akan bersiap mengambil foto dari dalam kolam untuk mengabadikan momen-momen menegangkan. Mengerikan ya. Kandang kematian ini beroperasi sepuluh kali dalam sehari. Jika tak cukup berani menyelam dan bertemu dengan buaya-buaya sendirian, Anda bisa menyelam berdua dengan teman atau pun keluarga. Tertarik?

Mike White, Antarctica NZ Pictorial Collection McMurdo Dry Valleys Antarctic, sebuah lembah di Antartika yang tidak tertutupi es.
Planet Mars di Dry Valleys
Lembah kering Antartika ini berada di daratan Victoria, sebelah barat McMurdo Sound. Menariknya, meski berada  di Antartika, namun daratan ini tak pernah dituruni salju dan menjadi salah satu bagian di wilayah Antartika yang tak dilapisi es. Dasar lembahnya berupa es yang beku dan dasar esnya sangat tebal. Namun, pada bagian permukaannya terlihat tandus. Selain itu, berbeda dengan es lainnya, es di daratan tersebut juga konon rasanya sangat asin.

Pulau Cantik di Iran
Pulau Kish adalah nama pulau yang memiliki pantai khusus untuk para perempuan. Para pria tak mungkin bisa mengintip apalagi memasuki pantai ini karena dijaga sangat ketat oleh para penjaga perempuan. Selain itu, pengunjung juga dilarang membawa segala jenis kamera, baik itu kamera profesional maupun ponsel berkamera. Aturan di pantai ini memang sangat ketat. Pasalnya, hanya di sini perempuan diperbolehkan melepas jilbab bahkan berbikini di tempat terbuka.

kalapangha / Shutterstock.com Kolam neraka atau jigoku di Beppu, Jepang.
Kolam Neraka di Jepang
Di Beppu, Jepang, terdapat kolam dengan air bewarna merah dengan suhu sangat panas. Warna merahnya berasal dari kandungan unsur besi yang tinggi. Di kawasan Beppu terdapat 2.800 mata air panas yang mengalir setiap harinya. Masyarakat Jepang dan wisatawan internasional bisa menikmati mandi uap di kolam tersebut. Namun, tak boleh berenang atau pun berendam, pasalnya suhu di kolam tersebut mencapai 78 derajat celcius. Tak heran jika tempat ini dijuluki sebagai kolam neraka atau jigoku oleh masyarakat Jepang.

Kerajaan Kurcaci di Tiongkok
Di Tiongkok, kita bisa melihat langsung kerajaan kurcaci atau yang dikenal dengan Dwarf Empire. Berada di bukit Xishan, pinggiran kota Kunming, Yunnan. Di sana terdapat 100 orang bertubuh mini mirip kurcaci yang tingginya di bawah 1,3 meter dan lengkap dengan rumah jamurnya. Uniknya lagi, segala sesuatu yang berada di sana dibuat berukuran mini. Hingga kini, setiap dua kali sehari, wisatawan bisa menikmati pertunjukan yang ditampilkan oleh warga kurcaci. Mereka menari, menyanyi, dan menyapa wisatawan serta menggunakan kostum-kostum seperti peri, kaisar, putri, dan sebagainya untuk menghibur turis yang datang.

http://www.eisriesenwelt.at Eisriesenwelt Ice Caves, sebuah gua es di Austria.
Gua Es di Austria
Eisriesenwelt Ice Caves adalah gua es yang terletak di Austria. Meskipun gua ini memiliki luas 42 kilometer, hanya 1 kilometer pertama saja yang dibuka untuk umum. Dalam setahun, gua ini hanya dibuka setiap tanggal 1 Mei hingga 26 Oktober, ketika temperatur di sana sangat dingin. Eisriesenwelt berasal dari salju yang membeku saat musim panas. Gua ini ditemukan oleh Anton Posselt, seorang ilmuwan alam dari Salzburg. Pada tahun 1878 masyarakat percaya bahwa gua tersebut adalah lorong ke neraka, tapi Posselt berhasil menemukan gua itu dan kemudian temuannya dilanjutkan oleh ilmuwan dan penjelajah-penjelajah lainnya.

Kota Hantu di Inggris
Senang dengan hal berbau mistis? Jika sedang berlibur ke Inggris, cobalah berkunjung ke kota hantu di kota York. Kabarnya deretan daftar hantu-hantu seram ada di kota ini. Saat memasuki kota York, akan ada pemandu wisata dengan jubah Gregorian hitam dan topi tiga sudut yang siap mengantar Anda berkeliling. Anda akan diajak berkeliling melihat sejumlah bangunan tua yang menyeramkan. Hantu-hantu yang konon dapat ditemui adalah The Headless Earl, si hantu tanpa kepala dan hantu The Gray Lady, biarawati yang disemen ke dalam tembok hidup-hidup. Tur yang disebut dengan The York Ghost Walk Experience ini menjanjikan Anda akan melihat hantu–hantu tersebut. “Kalau Anda tak bertemu hantunya, hantunya pasti melihat Anda!” begitulah bunyi taglinenya. Hiii.. seram! (Socha Paramita, Bestari/Equita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com