Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Para Peraih Penghargaan Toilet Umum Bersih 2014

Kompas.com - 26/09/2014, 09:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberi penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2014 kepada para pengelola taman rekreasi buatan dari 18 provinsi di seluruh Indonesia, Kamis (25/9/2014).

Kegiatan Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2014 di Taman Rekreasi Buatan 2014 ini adalah yang kedua kalinya setelah sebelumnya sebelumnya digelar pada 2012. Ini juga merupakan kelanjutan dari Penghargaan Toilet Umum Bersih di Bandara (2007, 2009, 2011, dan 2013), Museum (2008), Kebun Binatang (2010), dan Taman Rekreasi Buatan (2012).

"Sapta Pesona mengandung unsur: aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan yang merupakan elemen dasar pariwisata yang perlu diterapkan demi mewujudkan citra Indonesia yang bersih," kata Plt. Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Dadang Rizki Ratman.

"Pemberian penghargaan ini juga sebagai apresiasi dan motivasi kepada para pengelola toilet umum bersih di taman rekreasi, serta agar mutu pelayanan pengelolaan toilet bersih meningkat," katanya.

Salah satu dewan juri dari Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiningsih Adiwoso mengatakan, "Kami menilai dari sarana dan kelengkapan fasilitas, kebersihan, ketersediaan untuk penyandang disabilitas, dan ibu menyusui."

Juri memberikan penilaian dalam tiga kategori, yakni Kategori Air (Water Park) yang dikelola swasta, Kategori Tematik (Theme Park) yang dikelola swasta, dan Kategori Air dan Tematik yang dikelola pemerintah.

Kategori Air (Water Park) dikelola swasta peringkat pertama diraih Waterbom Bali, peringkat kedua Waterbom Pantai Indah Kapuk Jakarta, dan peringkat ketiga Ocean Park Banten.

Kategori Tematik (Theme Park) dikelola swasta peringkat pertama disabet Mikie Funland Brastagi Medan, peringkat dua Trans Studio Makassar, dan peringkat tiga Trans Studio Bandung.

Peringkat pertama Kategori Air (Water Park) dan Tematik (Theme Park) di kelola pemerintah diraih Owabong Purbalinga, dan peringkat kedua Pikatan Waterpark Temanggung. Sementara juara umum diraih Waterbom Bali.

"Dampak dari toilet bersih itu kelihatan dari peningkatan jumlah pengunjung. Para pengunjung juga memberi respon positif karena bersih, kering, dan selalu ada petugas di toilet kami," kata  Personal Assistant GM Waterbom Bali Claudia Cassandra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com