Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Lebih Mudah dengan Perencanaan Matang

Kompas.com - 30/09/2014, 09:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang merencanakan  libur akhir pekan sejak jauh-jauh hari. Bila perlu, libur akhir tahun dirancang sejak Januari. Alasannya tentu saja agar harga tiket pesawat jatuhnya lebih murah dan terjangkau. Begitu pula dengan biaya untuk akomodasi, diharapkan bisa menghemat paling tidak setengah dari tarif normal. Walaupun ada benarnya, cara ini bukanlah satu-satunya jalan menghemat biaya berlibur.

Dalam merencanakan liburan, kalau tidak ingin banyak berutang, hal pertama yang harus dipersiapkan tentu saja anggaran. Gaji yang diterima setiap bulannya terbatas, bukanlah alasan untuk tidak berlibur. Tentu saja Anda harus berhemat jika ingin mewujudkan impian untuk berlibur di lokasi wisata impian. Jangankan ke luar kota, ke luar negeri pun bisa Anda lakukan.

Bayangkan, jika saja Anda setiap hari membawa bekal makan siang ke kantor dan menghemat setidaknya Rp 10.000 sehari, dalam 25 hari kerja sudah bisa menghemat Rp 250.000. Masukkan "tabungan" makan siang tadi dalam celengan. Tanpa disadari, dalam setahun angka tersebut menjadi Rp 3 juta. Dengan jumlah uang tersebut, Anda sudah bisa berwisata ke Singapura atau Malaysia.

Tentukan destinasi

Mulailah berselancar di dunia internet untuk mencari tahu berapa kira-kira harga tiket pesawat ke daerah wisata tujuan Anda. Tidak hanya harga tiket pesawat, tetapi juga cari tahu biaya pajak bandara atau biaya lain yang mungkin akan ditagihkan pada Anda. Selain tiket pesawat, cari tahu juga berapa kira-kira biaya akomodasi dan makanan di daerah yang ingin Anda singgahi.

Jika harga hotel dirasa terlalu mahal, cobalah untuk mencari hostel yang lebih sederhana dan terjangkau harganya. Aka rajin mencari tahu, Anda pasti akan menemukan apartemen yang disewakan dengan harga yang terjangkau. Bahkan, tidak sedikit juga penduduk setempat
yang bersedia menyewakan salah satu kamarnya untuk turis.

KOMPAS.com / DINO OKTAVIANO Pengunjung mendatangi stan di Kompas Travel Fair 2014 di Jakarta Convention Center, Jumat (26/9/2014). Dengan mengusung tema 'Start Your Unstoppable Journey', pameran wisata yang berlangsung hingga 28 September ini juga dimeriahkan beragam acara menarik.
Alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran liburan tentu saja dengan memburu promosi. Biasanya ada maskapai penerbangan yang memberikan promosi di waktu-waktu tertentu, terutama saat low season. Jika pekerjaan Anda memungkinkan untk mengambil cuti  pada saat-saat seperti itu, manfaatkan saja peluangnya.

Tidak hanya tiket penerbangan, hotel pun terkadang  akan memberikan diskon yang cukup besar pada saat low season untuk mengejar target. Untuk memasuki area liburan, tidak ada salahnya Anda membeli tiket terlebih dahulu (early bird) karena harga yang ditawarkan biasanya jauh lebih murah. Anda kunjungi saja situs web daerah tujuan wisata untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Untuk transportasi dalam kota gunakanlah transportasi umum. Dengan menjajal transportasi umum lokal, Anda bisa merasakan asyiknya menjadi "penduduk" setempat untuk sementara waktu.

Jika anggaran berlibur tidak terlalu banyak, Anda jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli oleh-oleh atau buah tangan. Toh, tujuan Anda untuk berlibur dan menyenangkan diri. (AYA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com