Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo Kaji Pelabuhan Wisata Marina di Benoa

Kompas.com - 02/10/2014, 10:08 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Djarwo Surjanto mengatakan rencana pembangunan reklamasi Pelabuhan Benoa yang berada di sisi utara untuk wisata marina masih melakukan kajian dan konsolidasi perizinan ke instansi terkait.

"Kami memang berencana melakukan pembangunan reklamasi di kawasan utara Pelabuhan Benoa dalam upaya mendukung program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai kawasan pelabuhan wisata marina," katanya di sela peresmian gedung terminal domestik di Pelabuhan Benoa, Kota Denpasar, Bali, Rabu (1/10/2014).

Menurut Djarwo, saat ini pihaknya masih melakukan kajian dan pengurusan izin proyek pembangunan tersebut. Mekanisme pengurusan izin saat ini sedang dalam proses.

"Kami tidak bisa memastikan kapan proyek itu selesai, karena kajian dan proses izin saja masih dalam jalan. Memang proyek tersebut berada di teritorial pelabuhan, tetapi tetap berkoordinasi dengan instansi terkait," ucapnya.

Jika kajian dan izin dari instansi selesai, lanjut Djarwo, pihaknya siap membangun fasilitas penunjang wisata marina itu. "Kami sudah siap dana. Sekarang misalnya selesai kajian dan izinnya mulai besok bisa dikerjakan," ucapnya dengan tidak menyebut bangunan apa saja dibangun di areal tersebut.

Sejumlah masyarakat mengkhawatirkan tanah dan pasir hasil pendalaman di sekitar dermaga Pelabuhan Benoa yang saat ini sudah mengunung tersebut akan digunakan mereklamasi di sisi utara pelabuhan itu.

"Di sisi utara timbunan tanah dan pasir itu sudah mengunung. Kalau itu digunakan mereklamasi sekitar pelabuhan apa tidak menimbulkan dampak negatif. Karena itu Pemerintah Provinsi Bali harus melakukan kajian mendalam agar tidak merugikan Pulau Dewata ke depan," kata Wayan Sudi, seorang warga Kota Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com