Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Hal Ini Identik dengan Hidangan Korea

Kompas.com - 02/10/2014, 11:51 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Mulai berkembang sajian kuliner khas Korea di Indonesia khususnya Jakarta menambah kaya pilihan pengalaman dalam menyantap. Beberapa hal di bawah ini adalah ulasan mengenai hal-hal yang identik dengan hidangan asal negeri Ginseng. Beberapa di antaranya diungkapkan oleh William Yuswan, seorang pemilik gerai yang menyajikan beragam jajanan Korea. Berikut ulasannya.

Mudah Dibuat. Hidangan khas Korea tak memerlukan waktu lama untuk dihidangkan. Sajian-sajian sederhana yang memerlukan bahan dasar seperti beras, mi, tahu, sayuran hingga daging bisa dibuat secara otodidak di rumah. Bahan makanan yang mudah dibuat dengan bahan dasar sayur adalah Kimchi, yaitu sayur yang diasinkan, sedangkan yang berbahan dasar mi adalah Jajangmyeon.

Untuk yang berbahan nasi ialah Kimbap, sajiannya mirip sushi asal Jepang. Sedangkan snack-snack asal Korea yang dapat dibuat di rumah adalah Topoki dan ayam goreng tepung dengan saus sesuai selera yang biasa dijadikan sebagai teman santai di rumah.

Porsi Besar. Bila datang ke restoran Korea, mungkin Anda akan kaget dengan porsinya yang besar dan urutan makanan yang menampilkan side dish yang banyak. “Side dish-nya saja banyak, biasanya ada kimchi dan lain-lain sebagai peneman makanan berat lainnya,” ungkap William. Porsi yang banyak dan besar ini memang menjadi satu ciri khas makanan asal Korea. Kalau menikmatinya di Jakarta, makanan bisa di-sharing bersama teman.

Dokumentasi Cooking Oppa Topoki, jajanan Korea yang menjadi salah satu menu andalan di Cooking Oppa. Topoki merupakan kue beras yang dibubuhi saus pedas di atasnya.

Bercita Rasa Pedas. Soal rasa, Korea tak kalah dengan Indonesia, mereka juga menyukai cita rasa pedas. Berbagai masakan dibuat dengan saus pedas, hanya saja pedas di sana memang tak sepedas masakan Indonesia. Orang Korea kerap kali membubuhkan saus sambal atau pun bubuk pedas cabai pada makananya.

Tambahan Rumput Laut atau Sayuran. Sayuran ataupun tambahan rumput laut juga menjadi bagian dari santapan asal Korea. Untuk nasi campur yang popular dengan nama Bibimbap, Anda akan menemukan beragam jenis sayuran. Mereka juga sangat menyukai sup rumput laut.

Sehat. Karena dominan bahan yang dipakai ialah campuran bahan-bahan segar dan menyehatkan seperti sayur, ikan, telur dan daging, hidangan makanan Korea dinilai sebagai makanan yang sehat. Begitu pula dengan bumbu yang digunakan dan cara memasaknya. Sederhana saja, mereka sudah suka dengan masakan yang dibumbui dengan cabai dan bawang putih, tak terlalu banyak bumbu. Sedangkan cara memasaknya, lebih banyak dengan grilled memakai arang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com