Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Hemat Saat Berlibur di Luar Negeri

Kompas.com - 02/10/2014, 17:09 WIB

DI masa-masa liburan, mau tak mau pengeluaran pasti membengkak. Apalagi jika bepergian ke luar negeri dengan anggota keluarga, maka dipastikan bujet Anda akan bertambah.

Tetapi tenang saja, karena dengan beberapa kiat berikut, Anda dan keluarga bisa berhemat saat berlibur di luar negeri.Anda bisa menikmati liburan tanpa dihantui rasa cemas soalbujet yang pas-pasan. Dengan melakukan beberapa trik ini, dijamin pengeluaran Anda selama liburan tetap terkendali.

Rumah Makan Lokal 

Artinya, jangan langsung tergiur dengan rekomendasi rumah makan yang kerap dikunjungi turis. Biasanya, mereka akan memasang harga yang lebih mahal. Luangkan waktu mencari rumah makan yang biasa dikunjungi warga lokal. Harganya pasti lebih bersahabat, dan cita rasanya pastilah lebih orisinal dibanding restoran mahal.

Waktu yang tepat mengunjungi supermarket

Seringkali, untuk menghemat, banyak orang memilih untuk berbelanja ke supermarket dan lantas memasak sendiri. Jika Anda tergolong turis seperti ini, maka jika Anda bepergian ke luar negeri, pastikan Anda mendatangi supermarket satu jam sebelum mereka tutup. Biasanya, di waktu-waktu itu, Anda akan menemukan makanan siap saji dengan diskon besar-besaran.

Belanja cermat 

Anda tidak mengunjungi sebuah negara untuk membeli barang yang sebenarnya sudah ada di Indonesia kan? Karena itu, pilihlah alternatif berbelanja di jalanan. Biasanya Anda akan menemukan banyak hal menarik di pasar lokal atau bahkan pasar loak. Anda dijamin memiliki benda-benda unik yang tidak ada di belahan dunia manapun, dengan harga yang supermurah pastinya.

Beli tiket borongan 

Jika Anda dan keluarga berencana mendatangi banyak tempat liburan, biasanya banyak kota di dunia menyediakan faslitas tiket borongan. Rajin-rajinlah mengamati diskon-diskon yang menawarkan pilihan potongan harga untuk seluruh keluarga.

Gunakan transportasi umum 

Tidak ada yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih praktis daripada menggunakan transportasi publik setiap Anda bepergian di negara lain. Lupakan taksi atau sewa mobil jika budget  Anda terbatas. Dengan menaiki kereta api bawah tanah atau bus umum, dijamin Anda mencicipi kehidupan sebagai penduduk lokal.

(Yetta Angelina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com