Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INACA Dukung Geopark Danau Toba

Kompas.com - 02/10/2014, 21:23 WIB
MEDAN, KOMPAS.com – Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional (INACA) mendukung komitmen Pemerintah Provinsi Sumatra Utara dan masyarakat setempat, terutama di kawasan Danau Toba, yang gigih mengupayakan peningkatan status Geopark Danau Toba dari tingkat nasional ke tingkat internasional pada 2015, mengingat tidak saja akan menjadi kebanggaan nasional, tetapi juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.

“Peningkatan status Danau Toba tidak saja menyelamatkan kawasan lingkungan setempat mengingat Danau Toba merupakan warisan bumi yang perlu dilestarikan, tetapi dalam perspektif bisnis penerbangan justru akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan internasional,” kata Ketua Umum INACA Arif Wibowo di Medan, Rabu (1/10/2014), seperti termuat dalam siaran pers.

Arif Wibowo yang juga President & CEO Citilink mengatakan, pertumbuhan ekonomi memunculkan peningkatan perilaku berwisata (traveling behavior) dan sudah barang tentu memerlukan akses dan konektivitas angkutan udara. Apalagi dalam prediksi penerbangan nasional juga terlihat peningkatan penumpang domestik yang kuat yaitu mencapai 124 juta penumpang hingga 2018.

Dua bandara di Sumatera Utara yang terus dibenahi membuat kapasitas bandara Kualanamu dan Silangit akan mampu menampung lonjakan penumpang ke depan. Bandara Kualanamu mampu menampung hingga 22 juta penumpang pada 2023 dengan 250 frekuensi penerbangan dalam sehari. Kunjungan wisawatan ke Sumatera Utara terus naik dari 493 ribu penumpang pada 2009 hingga 839 ribu pada 2012.

“Kalau melihat tren yang sedang terjadi maka akan ada dua bisnis model angkutan udara dalam mendorong pertumbuhan perjalanan wisata, yaitu holiday charter dan penerbangan berbiaya murah atau LCC seperti Citilink. Jadi sebagai bagian strategi bisnis Garuda Indonesia Group kita sangat mendukung upaya peningkatan status tesebut,” katanya.

INACA merupakan wadah industri penerbangan Indonesia yang berdiri 1970. Kini INACA memiliki anggota 32 maskapai penerbangan, yang terdiri dari 14 maskapai penerbangan terjadwal dan 18 maskapai tak terjadwal (carter).

INACA telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan sosial di Indonesia dengan lebih dari 70 juta penumpang terbang setiap tahunnya atau setara dengan 200 ribu orang penumpang perhari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com