Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Pariwisata Segera Hadir di Malang

Kompas.com - 08/10/2014, 18:02 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Seperti bus pariwisata yang telah beroperasi di Jakarta, Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat ini segera mengoperasionalkan bus pariwisata bertingkat untuk mengantarkan wisatawan berkeliling mengitari wilayah kota itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Wahyu Setianto, Selasa (7/10/2014), mengatakan bus pariwisata yang bakal dioperasikan ada dua unit dan keduanya merupakan bus bertingkat. Saat ini kedua bus tersebut masih dalam pengerjaan dan diperkirakan akhir tahun ini sudah selesai.

"Kedua bus pariwisata bertingkat yang dikhususkan bagi wisatawan itu merupakan bantuan dari seorang pengusaha yang memiliki pabrik baja asal Malang dan sukses di Jakarta. Bantuan tersebut melalui program tanggung jawab sosial perusahaan bersangkutan, sehingga Pemkot Malang tidak mengeluarkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," tegasnya.

Wahyu mengatakan pengusaha tersebut merupakan teman dari Wali Kota Malang, Moch Anton. Dan, harga satu unit bus bertingkat tersebut diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar, sehingga anggaran yang disediakan perusahaan itu sebesar Rp2,4 miliar.

"Bus pariwisata bertingkat itu nanti merupakan yang pertama kali di Jatim dan target kami tahun depan sudah dioperasikan, sehingga wisatawan, baik lokal maupun manca negara yang ingin berkeliling Kota Malang tidak perlu mengeluarkan anggaran lagi untuk biaya transportasi," ujarnya.

Bus pariwisata berkapasitas 50 orang itu rencananya akan diparkir di Balai Kota Malang dan siap dipakai jika ada wisatawan yang ingin berkeliling Kota Malang. Upaya yang dilakukan Pemkot Malang tersebut untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada di daerah itu, bahkan Pemkot Malang juga berencana akan membangun kereta gantung sebagai salah satu daya tarik wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com