Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisi Selatan Belitung Tak Kalah Indah

Kompas.com - 09/10/2014, 18:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata Belitung identik dengan wisata bahari dengan menjelajahi pulau-pulau di perairan Belitung. Biasanya, turis mengunjungi sisi utara Belitung, seperti Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, sampai Pulau Burung. Ternyata, di sisi selatan Belitung tidak kalah menariknya.

"Potensi selatan belum tergali. Padahal sama indahnya. Ini di daerah Membalong. Ada Pantai Tanjung Kiras dan pergi ke pulau-pulau. Sama juga seperti utara, pantainya ada batu-batu granit yang unik," ungkap Bupati Belitung Sahani Saleh, di Jakarta, Senin (6/10/2014).

Menurutnya, kelebihan di bagian selatan Kabupaten Belitung adalah selain wisata bahari juga agrowisata, yaitu bisa berkunjung ke perkebunan lada. Ia menambahkan lada dari Belitung sebenarnya sudah mendunia namun dijual dengan merek yang diproduksi oleh produsen asal Singapura.

Hanya saja, lanjutnya, ia mengakui belum ada operator tur perahu yang mengelola wisata bahari di sisi selatan, seperti halnya di kawasan utara Belitung. "Penginapan juga belum ada. Ada cottage di Membalong. Ini penginapan yang tersedia. Dia juga kelola tur perahu untuk wisatawan," jelas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Belitung Jasagung Hariyadi menuturkan ke depannya akan dikembangkan kelompok masyarakat setempat yang sadar wisata. Seperti halnya di kawasan utara yang wisata baharinya telah berkembang pesat, awalnya para operator tur perahu bukanlah pemandu wisata, melainkan nelayan.

"Setelah beralih ke wisata, mereka merasa pendapatannya lebih baik. Kalau di selatan belum seperti itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com